1.743.343 Relawan Desa Lawan COVID-19 Terbentuk di 61.670 Desa

Seorang warga berjalan di dekat spanduk saat pencanangan Kampung Siaga COVID-19 di Desa Slawi Kulon, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan, sebanyak 1.743.343 Relawan Desa Lawan COVID-19 telah terbentuk di 61.670 desa untuk menangani wabah tersebut.

“Jadi jumlah relawannya, menurut data kemarin itu sudah 1.743.343 orang,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam Konferensi Pers melalui Webinar di Kemendes PDTT Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Ia mengatakan, banyaknya jumlah relawan tersebut menunjukkan bahwa desa telah siap melakukan langkah-langkah penanganan COVID-19.

Baca Juga :   Jalan Ambles di Desa Baturaja Baru Mulai Diperbaiki

Berdasarkan rasio jumlah relawan di desa-desa tersebut, maka setiap relawan akan menangani 68 warga desa.

“Kalau nanti relawannya tambah, maka rasionya semakin kecil juga, karena keluarga desa tidak semuanya membutuhkan penanganan. Berarti nanti lebih kecil lagi penanganannya,” kata dia.

Mendes Halim mengatakan, para relawan tersebut memiliki sejumlah tugas, antara lain memberikan edukasi kepada masyarakat tentang COVID-19, mendata penduduk yang rentan sakit, menyediakan ruang isolasi COVID-19 di desa dan menyemprotkan disinfektan serta menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer di tempat umum.

Kemudian mereka juga menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini, perlindungan dan pencegahan penyebaran wabah yang dikoordinasikan dengan Puskesmas atau tenaga-tenaga kesehatan di pedesaan.

Baca Juga :   Lomba Melukis, Baca Puisi, Fashion 3R dan Mendongeng Sepi Peserta

Mereka juga ditugaskan untuk menyediakan alat deteksi dini nonmedis, informasi nomor telepon rumah sakit rujukan dan ambulans, mendirikan Pos Jaga Gerbang Desa dan memastikan tidak ada kerumunan banyak orang serta menangani logistik untuk kepentingan warga desa yang menjalan isolasi. (Antara/ded)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kementan Dorong Koperasi di Subang Jadi Percontohan Korporasi Peternak

Jakarta, KoranSN Kementerian Pertanian mendorong koperasi peternak sapi potong bernama Brahman Sejahtera di Subang, Jawa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.