Selasa , Oktober 23 2018
Home / Gema Sriwijaya / 1.945 Pedagang Direlokasi ke PTM 2

1.945 Pedagang Direlokasi ke PTM 2

Pemkot Rapat terkait akan di pindahkan nya para pedagang ke PTM 2. (foto-andifatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Sebanyak 1.945 pedagang yang biasa berjualan di Jalan M Yamin, Jalan Kelapa dan seputar pinggiran Jalan Jenderal Sudirman dalam waktu dekat akan direlokasi ke dalam Pasar Tradisional Modern (PTM) 2.

Pasalnya, gedung PTM 2 yang dibangun menggunakan dana APBD Pemkot Prabumulih dan dana bantuan pusat bersumber dari APBN, kini telah rampung pengerjaannya.

Rencana relokasi para pedagang itu terungkap saat Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah elemen, baik dari perwakilan pedagang, kepala pasar, Polres, Yonzipur, Dinas PUPR, Kejari, dan OPD di ruang rapat lantai 1 gedung Pemkot Prabumulih, Jumat (21/9/2018). Rapat dipimpin langsung Wakil Walikota Andriansyah Fikri SH.

Wakil Walikota Prabumulih, Andriansyah Fikri menjelaskan, saat ini pembangunan PTM 2 sudah selesai. Tujuan pembangunan PTM 2 untuk mengakomodir pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya.

Baca Juga :   Warga PALI Berharap Pasar Murah

“Pedagang yang berjualan di Jalan M Yamin dan Jalan Kelapa dan pinggir Jalan Sudirman akan dipindahkan,” katanya.

Namun dari data yang didapat, jumlah kios di PTM 2 tidak sebanding dengan jumlah pedagang. Dimana jumlah kios/petak sebanyak 1.717 kios dan jumlah pedagang mencapai 1.945 pedagang.

Masih kata Wawako, pihaknya meminta pihak keamanan untuk membantu pengamanan jelang relokasi pedagang. “Saat proses pengundian kami minta pengamanan dari Yonzipur, Polres dan Kejari agar pengundiannya dilakukan transparan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya menginginkan pengudian transparan sesuai losnya. “Kemudian, nantinya untuk jalan yang selama ini ditempati para pedagang untuk berjualan akan dikembalikan fungsinya seperti semula,” ungkap Wawako.

Baca Juga :   147 Pelajar Bersaing Rebut 21 Beasiswa Kuliah

Kepala Pasar Prabumulih M. Toufik menambahkan, berdasarkan data pedagang yang dapat ditampung di PTM 2 dan pasar basah sebanyak 1.702 pedagang.

“Untuk pedagang yang belum ditampung sebanyak 243 pedagang. Dengan rincian untuk pedagang pakaian sebanyak 174, pedagang sandal dan sepatu 49, pedagang kelapa 15 dan pedagang gilingan daging 5,” katanya.

Sedangkan lanjut Toufik, kios yang masih tersedia sebanyak 94 buah dengan rincian lantai dasar PTM 2 sebanyak 5 buah, lantai 2 PTM 2 sebanyak 41 buah, lantai dasar pasar basah belakang sebanyak 6 buah dan lantai 1 pasar basah belakang sebanyak 42 buah. (and)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HSN ke-3, Empat Lawang Peringati Hari Santri di Tingkat Kecamatan

Empat Lawang, KoranSN Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN) ini disahkan oleh ...

error: Content is protected !!