Rabu , September 26 2018
Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / 1 Rumah Sakit dan 2 Puskesmas di Empat Lawang Belum Terakreditasi

1 Rumah Sakit dan 2 Puskesmas di Empat Lawang Belum Terakreditasi

Sahrial Podril. (foto-istimewa)

Empat Lawang, KoranSN

Dua unit Puskesmas di Kabupaten Empat Lawang, belum teregistrasi di Dinkes Provinsi Sumsel. Dua puskesmas yang dimaksud antara lain, Puskesmas Pendopo Barat dan Puskesmas Sikap Dalam.

“Iya benar, Puskesmas Pendopo Barat dan Puskesmas Sikap Dalam, memang belum teregistrasi di Dinkes Sumsel dan saat ini sedang kita upayakan agar terverfikasi,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Empat Lawang, Sahrial Podril, Kamis (30/8/2018).

Dikatakannya, selain dua puskesmas tersebut, satu rumah sakit dibawah pengelolaan Dinkes Kabupaten Empat Lawang yang belum teregistrasi adalah Rumah Sakit (RS) Pratama Kecamatan Pendopo. Salah satu kendalanya adalah kepemilikan tanah. masyarakat itu menghibahkan tanah untuk suatu bangunan milik pemerintah, tanpa ada hitam di atas putih (surat hibah, red), cukup bilang hibah, pemerintah langsung bangun. “Dan itu tidak akan bermasalah, karena dulu, masyarakat kita sangat berharap jika ada pembangunan fasilitas umum di sekitar mereka,” katanya.

Baca Juga :   Jalan Rusak di OKI Jangan Dipolitisir

Lebih lanjut, surat hibah tanah atau kepemilikan lahan yang sudah sah dikuasai merupakan salah satu syarat puskesmas dan rumah sakit untuk dapat teregistrasi. Untuk saat ini sebut dia, penguasahan lahan bangunan RS Pratama Pendopo dan Puskesmas Pendopo Barat sudah diurus dan hampir selesai dan segera diajukan untuk dapat teregistrasinya, “untuk Kendala lain, minimnya Sumber Daya Manusia yang kita punyai. Kedepan, kita berharap proses registrasi ini tidak lagi mengalami hambatan,” harapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Empat Lawang dari Fraksi PDI Perjuangan, Iin Hendri mengaku, jika dulu masyarakat di Kabupaten Empat Lawang tidak pernah mempermasalahkan lahan yang sudah dihibahkan ke pemerintah meski tidak ada hitam di atas putihnya.

Baca Juga :   Bansos PKH Kurangi Resiko, Tingkatkan Kesetaraan Sosial

“Itu karena masyarakat kita dahulu jika ada pembangunan fasilitas umum, mereka dengan semangat minta dibangun dan setahu saya, untuk lahan RS Pratama, saya jamin tidak akan bermasalah karena saya merupakan salah satu keturunan dari penghibah lahan,” katanya. (foy)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Atasi Macet Saat Puncak HUT Muba, Dishub Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

Sekayu, KoranSN Pemkab Muba melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muba menyiapkan kantong parkir bagi tamu ...

error: Content is protected !!