Home / Gema Sriwijaya / 100 Peserta Ikuti Sanimas-IDB

100 Peserta Ikuti Sanimas-IDB

Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Febriansyah ST membuka Sosialisasi SANIMAS–IDBTingkat Kabupaten Tahun 2019. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM melalui Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Febriansyah, ST membuka Sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat Islamic Development Bank (SANIMAS–IDB) Tingkat Kabupaten Tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muara Enim bertempat di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Kamis (14/3/2019) sekitar pukul 08.00 wib.

Peserta sosialisasi Sanimas-IDB Kabupaten Muara Enim berjumlah 100 peserta yang terdiri dari unsur pemangku kepentingan baik dari unsur pemerintah dalam hal ini perangkat daerah terkait, BUMN, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan masyarakat yang berada di Wilayah Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Muara Enim.

Baca Juga :   Rancangan Awal RPJMD Muba Disepakati

Dikatakan Febriansyah, program ini dilaksanakan dalam rangka mendukung semangat gerakan 100% akses air minum 0% kawasan kumuh, dan 100% akses sanitasi layak. Untuk mencapai target tersebut, diperlukan suatu terobosan yaitu program kerjasama antara Pemerintah Pusat dengan pemerintah daerah yang salah satunya melalui Program Sanimas IDB.

Program Sanimas IDB menurutnya, menerapkan pendekatan pembangunan berkelanjutan berbasis masyarakat melalui peran serta masyarakat secara utuh dalam seluruh tahapan kegiatan mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap operasi dan pemeliharaan.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Muara Enim Ir H Ahmad Yani Heriyanto MM melalui Sekretaris Dinas Jumaidi ST MSi menjelaskan, Sosialisasi Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan stekholder terkait manfaat Program Sanimas yang bersumber dari dana Islamic Developmnet Bank (IDB).

Baca Juga :   BNN Tes Urine Pegawai Kejaksaan Negeri Muara Enim

Kemudian, meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengelolahan administrasi dan keuangan bantuan pemerintah yang dilaksanakan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat dan menjaring minat masyarakat di desa dan kelurahan untuk menjadi penerima manfaat Program Sanimas IDB.

Masih menurut Jumaidi, adapun hasil yang diharapkan dari sosialisasi ini adalah, meningkatnya pemahaman stekholder dan masyarakat tentang sanitasi khususnya mengenai manfaat pembangunan IPAL Komunal. kemudian, terbangunnya sarana sanitasi khususnya sanitasi limbah domestik yang berupa IPAL Komunal, tersedianya calon penerima manfaat Program Sanimas IDB Tahun 2019 dan 2020.

Adapun narasumber sosialisasi ini terdiri dari Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sumsel dan Konsultan Regional RPMC III. (yud)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Drs Djonny Gelar Reses Perorangan di Kelurahan Wira Karya

Lubuklinggau, KoranSN Drs Djonny anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau Daerah Pemilihan (Dapil) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.