Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

11 Ribu Personil Amankan TPS di Sumsel, Lahat, Pagaralam & Empat Lawang Rawan

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (foto-humas polda sumsel)

Palembang, KoranSN

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kamis (11/4/2019) mengungkapkan, sebanyak 11 ribu personil kepolisian dikerahkan Polda Sumsel dalam mengamankan 25.326 TPS di Sumsel pada Pileg dan Pilpres 14 April 2019 mendatang.

Menurut Kapolda, ribuan personil kepolisian tersebut akan disebar mengamankan setiap TPS. Dimana dalam pengamanan ini, personil akan melakukan penjagaan dan pengamanan berdasarkan kategori TPS.

“Kalau untuk TPS kurang rawan kita tempatkan 2 polisi menjaga 4 sampai 10 TPS. Kemudian untuk TPS rawan, 2 TPS dijaga oleh 2 polisi. Lalu TPS sangat rawan, kita tempatkan 2 polisi 1 TPS,” ungkapnya.

Masih dikatakan Kapolda, pada pelaksaan Pemilu 2019 ini, pihaknya menilai hanya pelaksanaan Pileg DPRD Sumsel yang terdapat kerawanan di beberapa daerah. Hal ini dikarenakan daerah tersebut memiliki histori permasalahan saat pelaksanaan Pilkada.

Baca Juga :   Banyuasin Siap Menangkan Ishak -Yudha

“Pileg DPRD Sumsel ini kan ada 10 Dapil. Untuk yang dinilai rawan yakni Dapil 7 meliputi Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang. Ini dikarenakan ketiga daerah tersebut pada Pilkada yang lalu ada permasalahan dan persoalan, dan itu menjadi catatan kami,” ungkapnya.

Lanjut Kapolda, walaupun tiga daerah tersebut dinilai rawan namun dirinya menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, Polri dan TNI menjamin keselamatan masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu tahun 2019.

“Jadi, kita himbau masyarakat Sumsel untuk gunakan hak pilihnya dengan langsung, umum, rahasia, jujur dan adil, dan kami TNI Polri akan menjamin keselamatan kemanan semua masyarakat. Dari itulah kami menurunkan 11 ribu personil mengamankan semua TPS di Sumsel. Bahkan dalam pengamanan tersebut kami juga dibantu oleh TNI,” ujarnya.

Baca Juga :   PKS Target 1,8 Juta Suara untuk ASRI

Lebih jauh Kapolda mengatakan, jika pengamanan Pemilu 2019 ini telah dilakukan oleh pihaknya sejak tahapan awal pelaksanaan Pemilu hingga saat ini.

“Bahkan kami juga akan melakukan pengamanan dan pengawalan pendistribusian logistik surat suara ke KPU usai pencoblosan dilakukan nantinya,” tandasnya. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

PKB Gelar Fit and Proper Test di DPP

Palembang, KoranSN DPW Partai Kebangkitan Bangsa Sumsel memastikan fit and proper test atau uji kelayakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.