119 Pelanggan Nunggak, PDAM Merugi Rp 67 Juta

PDAM Tirta Musi
PDAM Tirta Musi

Palembang, KoranSN

Masih minimnya kesadaran warga dalam membayar tagihan air bersih, membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang harus mengambil tindakan tegas dengan melakukan pemutusan sambungan. Setidaknya, ada 119 pelanggan PDAM yang sambungannya diputus karena menunggak pembayaran dan merugikan PDAM hingga Rp 67 juta.

Hal ini di jelaskan Manager Pengendalian Kehilangan Air (PKA) PDAM Tirta Musi Palembang Erwin Adyanti, Selasa (9/2/2016).

“Diketahui dari 21.034 pelanggan ada 119 sambungan di wilayah Seberang Ulu (SU) II yang menunggak pembayaran, itu berada 14 blok di wilayah tersebut dan yang kita sisir meliputi wilayah Jalan Kh Azhari, Sh Wardoyo, Mayjend HM Ryacudu, KH Wahid Hasyim, KH Asyik, dan Jalan Faqih Usman,” jelasnya.

Baca Juga :   Hanya 9 Hari, 912 Titik Api Tersebar di Sumsel

Tambahnya, 119 pelanggan diputus karena melebihi batas waktu pembayaran, Penunggakannya bervariasi, mulai dari tiga bulan sampai enam bulan.

“Pelanggan yang menunggak itu banyak berada di kawasan Seberang Ulu, sebagian besar konsumen rumah tangga kurang mampu, akibatnya kami di rugikan sekitar RP 67.203.287,” tuturnya.

Meski kerap mendapat protes dari warga, menurut Erwin, pemutusan sambungan ini perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat kehilangan air PDAM. Pemutusan itupun, tidak serta merta di lakukan.

“Sebelum melakukan pemutusan, kami sudah melayangkan imbauan pada para pelanggan untuk segera membayar, tempo itu kami berikan selama tiga bulan dan itu rutin kami lakukan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Warga Tegal Binangun Tolak Jadi Warga Banyuasin

Meski telah diputuskan pelanggan kembali dapat menyambung untuk kebutuhan air bersihnya, dengan cara melakukan pembayaran sesuai kemampuan mereka dengan syarat membayar administrasi sebesar Rp 75 ribu untuk tunggakan tiga bulan dan Rp 1.050.000.

“Kita masih memberikan keringanan,” pungkasnya.(tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Palembang Raih 2 Penghargaan Top 21 Inovasi Pelayanan Publik

Jakarta, KoranSN Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meraih dua penghargaan Top 21 Inovasi Pelayanan Publik dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.