Home / Politik dan Pemerintahan / 12 Kabupaten/Kota Dapat WTP

12 Kabupaten/Kota Dapat WTP

Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, I Gede Kastawa.
Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, I Gede Kastawa.

Palembang, Koransn.com

Sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Sumsel meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumsel, Selasa (31/5/2016), ke-12 kabupaten tersebut yakni OKUS, Banyuasin, Kota Palembang, Lahat, OKUT, Muara Enim, Lubuk Linggau, Muba, OKI, Prabumulih, Pagaralam, OKU.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, I Gede Kastawa mengapreasi hal tersebut. Hal ini tak lepas dari kinerja walikota/bupati dan DPRD yang berhasil mengawal laporan keuangan dengan basis akrual. “Laporan ini juga berhasil diserahkan langsung tepat waktu meskipun adanya perubahan dari laporan yang sebelumnya basis cash toward menjadi basis akrual,” katanya.

Dari hasil laporan yang telah diberikan, sambung I Gede pihaknya telah melakukan pemeriksaan dari laporan baik kinerja dan lain sebagainya. Hasilnya, masih ditemukan permasalahan yang mempengaruhi laporan berbasis akrual ini. “Mungkin ini dikarenakan SDM yang menangani laporan belum memadai,” terangnya.

Baca Juga :   Gubernur Herman Deru Hadiri Istighosah Qubro

Dirinya juga menerangkan, selain SDMnya, sistem informasi yang mendukung laporan tersebut belum begitu baik, serta komitmen dari kepala daerah belum menunjukkan baik. “Kami tidak tahu alasannya, apakah beliau tidak memahami atau belum memahami manfaat dari akrual basis ini,” terangnya.

Dirinya juga menerangkan tujuan dibuatnya laporan keuangan berbasis akrual ini karena dengan laporan yang berbasis akrual lebih memahami dan mengetahui keuangan daerah secara potensif, daripada cash toward. Selain itu, lebih komperehensif. “Intinya dengan penerapan akrual nasis ini menyajikan laporan lebih komprehensif dalam melakukn pengelolaan keuangan daerah,” terangnya.

Dirinya menambahkan, selain 12 kabupaten/kota yang mendapatkan WTP, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan selama 2 bulan dari April dan Mei, ada 4 daerah yang mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Keempat daerah tersebut yakni PALI, OI, Musirawas dan Empat Lawang.

Baca Juga :   Susno Duadji Dukung Aswari

“Kalo PALI ini mengalami pengingkatan dari Disclaimer menjadi WDP mengingat Kabupaten baru lahir. Nah untuk dua kabupaten yakni OI dan Musirawas itu mengalami penurunan dari tahun sebelumnya WTP menjadi WDP,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan, hal yang perlu diperhatikan, meskipun diberikan WTP bukan berarti daerah tersebut clear n clean masih ada masalah yang harus dibenahi. “Kami minta kepada daerah yang sudah mendapatkan laporan hasil pemeriksaan untu segera membenahi dalam waktu 60 hari, jika tidak maka akan diberika sanksi administrasi bahkan pidana,” tandasnya. (wik)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Dialog Bareng Sri Sultan HB X, Herman Deru Sebut Orang Jawa di Sumsel Happy

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel H.Herman Deru didaulat menjadi pembicara utama dalam acara Sarasehan dan Dialog ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.