15 Hektar Lahan di Jakabaring Terbakar

 

Warga Jakabaring panik berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. foto-deni

Palembang, SN
Lahan gambut seluas 15 hektar di Jalan Gubernur H Bastari Jakabaring, tepatnya di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati)  Sumsel, Kamis (8/10) terbakar.

Kebakaran lahan tersebut terjadi diduga sengaja dibakar oleh orang yang tak dikenal.

Menurut salahsatu warga yang kediamannya berdekatan dengan lahan yang terbakar Salimah (21), kebakaran itu terjadi pukul 11.00 WIB, yang berawal dari lahan gambut yang terletak di belakang Bank Sumselbabel hingga merambat sampai ke lahan yang berada persis di samping Jalan.

“Sebelumnya memang ada emapat orang yang mengendarai sepeda motor berhenti di lokasi hendak berburu hewan babi. Tak lama keempat orang tersebut memasuki lahan kosong, dan api langsung membumbung tingggi dan dengan cepat merambat ke lahan di pinggir jalan ini,” katanya.

Baca Juga :   PLN Bangun 3 SPLU di Lubuklinggau

Masih dikatakannya, saat kejadian di lokasi sedang musim kemarau dan angin berhembus dengan kencang, hingga api hampir merambat kepemukiman penduduk.

Pantauan di lapangan, dua unit armada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang yang datang ke lokasi kejadian terus berupaya memadamkan api. Selain itu, warga bahu-membahu berupaya  memadamkan api dengan ranting kayu. Hingga akhirnya, api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Sementara Ketua RT setempat, Hamir Hamza (66) mengatakan, keempat orang yang melakukan pemkaran lahan sempat dikejar warga namun tak dapat lantaran tak terlihat akibat kabut asap yang sangat pekat. Lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 15 Hektar.

Baca Juga :   Banjir di Desa Bingin Rupit Mulai Surut

“Kami disini cemas galo! Api biso padam sekitar satu jam setelah kebakaran terjadi,” tandasnya. (den)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

HD Hibahkan Lahan 2 Hektar ke Polda Sumsel

Palembang, KoranSN Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 di Polda Sumsel, Rabu pagi (1/7/2020) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.