Rabu , September 26 2018
Home / Gema Sriwijaya / 156 Bintara PK TNI AD Dilantik di Lahat

156 Bintara PK TNI AD Dilantik di Lahat

Suasana pelantikan Bintara PK TNI AD di Lapangan Secaba Rindam II Sriwijaya Puntang Lahat. (Foto-Robby/Koransn)

Lahat, KoranSN

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos Kamis (15/2/2018) bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Prajurit Karier (PK) TNI AD Tahap I TA. 2017 Over Load (OV).

Upacara ini dilakukan pukul 09.10 WIB di Lapangan Secaba Rindam II Sriwijaya Puntang Lahat.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 156 Bintara PK TNI AD resmi dilantik sebagai prajurit TNI AD dengan pangkat Sersan Dua (Serda) dan diambil Sumpah menurut agama serta kepercayaan masing-masing dihadapan para rohaniawan.

Moment yang sangat penting dalam karier kemilitiran ini juga ditandai dengan penyematkan tanda pangkat Bintara, dan penyerahan ijazah kepada perwakilan prajurit Bintara oleh Pangdam II Sriwijaya.

Pada Dikmaba PK TNI AD yang dibuka pada tanggal 29 September 2017 itu, tercatat Serda Idham Sanuri sebagai lulusan terbaik. Disusul Serda Ahmad Zulfikar dan Serda Marlinton.

Prestasi yang diraihnya diperoleh atas dasar nilai rata-rata tertinggi dari akumulasi beberapa aspek penilaian, meliputi aspek Sikap dan Perilaku (Mental Rohani, Ideologi, Kejuangan dan Perundangan-undangan), aspek Pengetahuan dan Keterampilan (baik Umum maupun Kemiliteran) serta aspek Jasmani (Kesegaran Jasmani dan Kemampuan Renang Militer).

Baca Juga :   Desa Noman Cari Pembangunan Skala Proritas

Dalam amanatnya, Pangdam II Sriwijaya mengucapkan selamat kepada para Prajurit Bintara PK yang telah berhasil mengikuti seluruh tahapan pendidikan dan mengatakan bahwa, prosesi pelantikan tersebut sekaligus merupakan simbol perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit, sehingga membawa konsekuensi logis terhadap sikap dan perilaku sebagai prajurit TNI AD.

Perubahan status ini harus dibarengi dengan perubahan sikap mental, mindset dan perilaku sebagaimana keharusan seorang prajurit TNI AD.

“Kalian telah terikat dan diikat oleh aturan disiplin militer. Hidup dan kehidupan kalian juga telah diatur oleh berbagai norma dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD, seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” terang Mayjen TNI AM. Putrabto, S.sos.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam ll Sriwijaya, keberadaan Bintara merupakan tulang punggung di satuan TNI AD sekaligus sebagai penghubung antara Perwira dan Tamtama.

Kedua peran tersebut harus dapat diimplementasikan dan diwujudkan dalam penugasan nantinya di satuan, karena eksistensi dan warna satuan juga ditentukan oleh kiprah serta peran para Bintara yang ikut mengawaki satuan.

Baca Juga :   Pulang Nonton Orgen Tunggal, Buruh Tewas

Usai kegiatan upacara pelantikan, para mantan siswa itu menyuguhkan beberapa atraksi ketangkasan prajurit berupa Simulasi Mountainering, Senam Balok, Bela Diri Militer (BDM) Yongmoodo dan Simulasi Pertempuran. Antusiasme para anggota keluarga prajurit baru itu sangat besar hingga meluap memadati lapangan.

Menariknya, setelah rangkaian upacara dan demontrasi selesai, para orang tua diberikan kesempatan untuk mencari anak-anaknya yang telah berbaris rapi di lapangan, sehingga suasana haru tercipta.

Diantara sekian banyak Bintara baru itu, terdapat dua orang yang berasal dari Suku Anak Dalam (SAD) wilayah Kabupaten Sarolangun, yakni; Serda Feri Ardiansyah dan Serda Ribut.

Keduanya secara khusus dihampiri oleh Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos beserta para pejabat jajaran Kodam II Sriwijaya.

Acara diakhiri dengan makan siang bersama para mantan siswa Bintara PK TNI AD dengan Pangdam II Sriwijaya ala militer, (menggunakan ompreng) dibawah tenda militer.

Hadir pada acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lahat, Danrindam II Sriwijaya dan para Dansadik jajaran Rindam II Sriwijaya Para Asisten dan Kepala jajaran Kodam II Sriwijaya, Ketua Persit PD II Sriwijaya Ny. Annies Putranto beserta pengurus Persit, yang juga mengundang keluarga para mantan siswa Bintara Rindam II Sriwijaya. (rob)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Atasi Macet Saat Puncak HUT Muba, Dishub Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

Sekayu, KoranSN Pemkab Muba melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muba menyiapkan kantong parkir bagi tamu ...

error: Content is protected !!