Home / Politik dan Pemerintahan / 18 September, Alex Noerdin Lantik 7 Kepala Daerah Terpilih di PSCC

18 September, Alex Noerdin Lantik 7 Kepala Daerah Terpilih di PSCC


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin . (Foto-Ferdinand/Dok/Koransn)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumsel Alex Noerdin dipastikan akan melantik 7 kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak, Juni 2018 lalu, bertempat di Palembang Sport Convention Center (PSCC) pada 18 September nanti pukul 10.00 WIB.

Kabag Protokol Pemprov Sumsel Iwan Gunawan ditemui usai rapat persiapan pelantikan kepala daerah di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (12/9/2018) mengatakan, berdasarkan telegram Mendagri yang diterima Pemprov Sumsel, ke tujuh kepala daerah dimaksud, yakni Walikota/Wakil Walikota Palembang, Prabumulih, Pagaralam, Lubuklinggau dan Bupati/Wakil Bupati Muaraenim, Banyuasin dan Empat Lawang.

“Berdasarkan telegram Mendagri mengatakan bahwa kepala daerah yang habis masa jabatannya, harus dilantik di tahap pertama, atau harus dilantik di bulan September atau paling lambat akhir September,” kata Iwan.

Iwan mengaku pihaknya sudah menerima beberapa SK pelantikan kepala daerah tersebut, sementara beberapa yang lain menyusul dalam satu dua hari kedepan.

Baca Juga :   SBY Minta Kader Partai Demokrat Kritik Pemerintah dengan Bahasa yang Baik

“Kita sudah menghadap Pak Sekda dan sudah kita jadwalkan hari Selasa (18/9/2018) di PSCC,” katanya.

Untuk dua kepala daerah lainnya, Kabupaten Lahat dan OKI kata Iwan, karena masa jabatannya akan berakhir di Desember, maka pelantikannya kemungkinan akan dilakukan oleh Gubernur terpilih yang baru.

“Untuk Lahat dan OKI akan dilantik oleh gubernur yang baru, sekarang ini kita fokus akan lantik 7 kepala daerah dahulu,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, pihaknya akan mencetak kurang lebih 5000 undangan, masing-masing kabupaten/kota yang kepala daerahnya dilantik diberikan 700 undangan, dengan rincian, undangan VIP sebanyak 150 buah, sisanya 550 diserahkan ke kabupaten/kota.

Kabag Otda Biro Pemerintahan, Andrian menambahkan, untuk SK empat kota dan tiga kabupaten akan lengkap paling lambat Jumat (14/9/2018). Sementara untuk SK OKI dan Lahat belum selesai, karena membutuhkan proses panjang.

Baca Juga :   Giri: Nasib Finda di Tangan DPP

“Harus melalui paripurna dulu di DPRD, kemudian kalau berkas-berkasnya sudah lengkap baru kita ajukan untuk pelantikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelantikan 7 kepala daerah akan dilangsungkan di PSCC pukul 10.00 WIB di PSCC pada 18 September 2018. Di hari yang sama, pukul 14.00 WIB akan dilakukan pelantikan Tim Penggerak PKK tujuh kabupaten/kota tersebut di Griya Agung.

Ia menuturkan, sehari sebelum pelantikan, akan dilakukan gladi bersih yang diikuti 7 pasang kepala daerah yang akan dilantik.

“Sementara pada Jumat (14/9/2018) nanti, kita akan rapat bersama Polres, Dishub dan pihak PSCC untuk koordinasi pelantikan, apakah akan ada rekayasa lalu lintas atau pola pengamanannya bagaimana, itu akan kita serahkan ke pihak terkait,” pungkasnya. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Ratusan Emak Emak Pendukung Capres 02 Sambangi KPU Palembang (FOTO)

Ratusan massa pendukung pasangan calon Presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi melakukan aksi damai di Kantor …