Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Lacak / 2 Pembobol Bank yang Ditangkap Bareskrim, Ternyata Bobol Aplikasi Pembayaran di Palembang

2 Pembobol Bank yang Ditangkap Bareskrim, Ternyata Bobol Aplikasi Pembayaran di Palembang

Ilustrasi. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap dua tersangka kasus pembobolan aplikasi pembayaran di Palembang.

Pelaku berinisial YA (24) dan RF (23) ditangkap di Palembang, Sumatera Selatan.

“Total kerugian lebih kurang Rp 1,3 miliar,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Sementara itu, Kepala Unit l Dittipidsiber Bareskrim Polri Kompol Ronald Sipayung menjelaskan, bahwa modus kedua tersangka yakni melakukan transaksi ilegal menggunakan perantara aplikasi Kudo.

Baca Juga :   Home Industri Miras Oplosan Beromset Ratusan Juta Dibongkar Polres Muba

“Kedua pelaku melakukan perbuatan tersebut dengan belajar autodidak dan sudah beberapa kali berhasil melakukan tindak pidana tersebut,” kata Ronald.

Para tersangka melakukan transaksi top up dan transfer ke rekening bank melalui aplikasi. Namun, transaksi itu tidak mengurangi saldo di akun mereka.

“Modusnya adalah transaksi tersebut berhasil tetapi saldo pelaku tidak berkurang. Yang berkurang malah saldo dari rekening bank pemerintah sebagai virtual account yang bekerja sama dengan aplikasi tersebut,” kata Ronald.

Dari hasil kejahatan tersebut, pelaku membeli sebuah mobil, perhiasan emas, dua laptop, dua jam tangan mewah, dan empat ponsel.

Baca Juga :   Mantan Pegawai Satroni Rumah Bosnya

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan Undang-Undang ITE dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan pidana penjara paling lama 6 tahun serta denda maksimal Rp1 miliar. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Warga Talang Ubi Tewas Kesetrum

PALI, KoranSN Nasib naas dialami Bukit Santoso (52), warga Talang Ubi Bawah Kelurahan Talang Ubi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat