2 Sopir Truk Pengangkut 10 Ton Minyak Ilegal Divonis 1 Tahun Penjara

Sidang vonis terdakwa Tri Budiyono dan Ujang Syaifuddin saat berlangsung. (Foto-Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Terdakwa Tri Budiyono (31), dan Ujang Syaifuddin (30), keduanya sopir truk yang masing-masing mengangkut 10 ton atau 10.000 litter minyak ilegal, Kamis (23/7/2020) divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang dengan hukuman pidana 1 tahun penjara.

Dalam persidangan yang digelar secara virtual atau video conference, Ketua Majelis Hakim, Erma Suharti mengatakan, dalam perkara ini kedua terdakwa selaku sopir telah terbukti membawa mobil truk yang memuat minyak tanpa ada izin resmi pengangkutan.

Dikatakan Hakim, berdasarkan fakta persidangan, keterangan saksi-saksi, dan barang bukti di persidangan pihaknya menilai jika perbuatan kedua terdakwa terbukti secara sah bersalah melanggar Pasal 53 huruf d Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas.

Baca Juga :   Penginapan Pondok Indah Palembang Diamuk Api, 12 Kamar Ludes Terbakar

“Dengan ini mengadili, menjatuhkan putusan atau vonis untuk terdakawa Tri Budiyono dan terdakwa Ujang Syaifuddin dengan hukuman pidana masing-masing 1 tahun penjara dan, denda Rp 5 juta subsider 3 bulan,” ungkapnya.

Pada perkara ini, kedua terdakwa sebelumnya ditangkap pihak kepolisian Polda Sumsel di Jalan Bypass Alang-alang Lebar Kecamatan Alang-alang Lebar Kota Palembang.

Dimana keduanya saat ditangkap masing-masing sedang membawa mobil truk, yang setiap mobilnya mengangkut 1 ton minyak ilegal hasil penyulingan dari kawasan Desa Mangun Jaya Muba.

“Atas putusan atau vonis yang telah kami bacakan, kedua terdakwa memiliki hak untuk melakukan langkah hukum, yakni menyatakan banding atau menerima vonis tersebut sebelum putusan ini dinyatakan incrath (memiliki kekuatan hukum tetap),” tandasnya. (ded)

Baca Juga :   Geng Motor Diduga Serang 5 Ulu, 1 Korban Terluka Bacok

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Ahmad Tewas di Atas Tiang Listrik

Palembang, KoranSN Ahmad Sobri (70), warga Jalan Abi Kusno Cs Lorong Anggrek Kelurahan Kemang Agung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.