2 Terdakwa Korupsi Tugu Batas Palembang-TAA Didakwa Pasal Berlapis

Jaksa Kejari Palembang saat membawa Khairul Rizal dan Otong Iskandar, tersangka dugaan kasus korupsi tugu batas Kota Palembang-Tanjung Api-Api menuju mobil untuk ditahan di Rutan Pakjo Palembang, Kamis sore (6/8/2020). (Foto-Dok/Ferdinand/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Palembang, Selasa (29/9/2020) mendakwa Khairul Rizal dan Otong Iskandar yang merupakan terdakwa korupsi proyek pembangunan Tugu Batas Palembang-Tanjung Api-Api (TAA) dengan Pasal berlapis.

Kasi Pidsus Kejari Palembang, Dede M Yasin mengatakan, sidang kedua tredakwa digelar secara virtual dimana kedua terdakwa mengikuti sidang dari dalam Rutan Pakjo Palembang, sedangkan Majelis Hakim menggelar sidang dari Pengadilan Negeri Tipikor Palembang dan pihaknya selaku JPU mengikuti sidang dari Kejari Palembang.

“Dalam sidang virtual ini terdakwa Khairul Rizal dan terdakwa Otong Iskandar masing-masing didakwa dengan Pasal 2, Pasal 3 dan Pasal 9 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Diduga Selang Bensin Bocor, Mobil Warga Muara Enim Terbakar di Demang Lebar Daun

Dijelaskannya, dalam perkara ini terdakwa Khairul Rizal menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sedangkan terdakwa Otong Iskandar selaku pihak swasta yakni kontraktor.

“Dari kedua terdakwa ini, untuk terdakwa Khairul Rizal merupakan terpidana dari kasus sebelumnya, yakni kasus korupsi proyek pembangunan tugu batas Palembang yang ada di Jakabaring,” terangnya.

Dilanjutkannya, dalam persidangan kedua terdakwa tidak mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan pihaknya selaku JPU Kejari Palembang.

“Karena kedua terdakwa tidak megajukan eksepsi, maka Ketua Majelis Hakim menutup persidangan dan akan kembali membuka sidang pada pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi,” tutupnya.

Baca Juga :   Oknum Kadus di Banyuasin Terlibat Perampokan Bersenpi

Diberitakan sebelumnya, untuk perkara korupsi proyek tugu batas jilid 1 yang berada di kawasan Jakabaring sudah ada empat tersangka yang keempatnya telah menjadi terpidana usai divonis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Palembang.

Adapun keempat terpidana tersebut, yakni; Ahmat Thoha selaku pihak dari kontraktor, Khairul Rizal selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan juga Kasi di Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Perumahan Pemkot Palembang, M Ichsan Pahlevi selaku kontraktor, dan Asmol Hakim selaku konsultan pengawas.

Dimana dalam persidangan saat itu keempatnya divonis Ketua Majelis Hakim dengan hukuman pidana masing-masing 1 tahun 4 bulan penjara. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

KPK Dalami Keterlibatan Juarsah Dalam Kasus OTT Bupati Muara Enim

Palembang, KoranSN Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Ricky BM, Selasa (20/10/2020) mengatakan, jika pihaknya saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.