Home / Kota Musi / 2015, 380 PNS Pensiun

2015, 380 PNS Pensiun

iustrasi Pensiun
Palembang, SN

Ditahun 2015 ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD)-Diklat Kota Palembang mencatat sebanyak 380 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pensiun. Demikian diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Kepangkatan, Penggajian dan Kesejahteraan Pegawai BKD-Diklat Kota Palembang, Rustiati YT, kemarin.

“Kebanyakan PNS pensiun tersebut dari guru karena mereka tidak memperpanjang masa pensiunnya,” katanya.

Dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, sambung Rustiati, jumlah PNS pensiun mengalami penurunan, dari tahun 2013 jumlah PNS yang pensiun sebanyak 649 orang. Untuk tahun 2014 jumlah PNS pensiun berkurang menjadi 479 orang.

“Hal ini disebabkan oleh adanya aturan baru sehingga kebanyakan PNS memperpanjang masa pensiunnya,” terangnya.

Baca Juga :   Gubernur Alex Noerdin Kagum Terhadap Abdurrahman HAR

Dijelaskannya, aturan yang mengatur perpanjangan masa pensiun tersebut tertuang dalam UU Aparatur Sipil Negara No 5 Tahun 2014 yang menerangkan bahwa masa pensiun PNS dapat diperpanjang dari 56 tahun menjadi 58 tahun, sedangkan untuk guru dapat diperpanjang hingga 60 tahun.

Selain pensiun, lanjut Rustiati, pihaknya juga mencatat PNS yang meninggal dunia sebelum masa pensiunnya. “Berdasarkan data kami untuk tahun 2013, PNS yang meninggal sebanyak 36 orang, untuk tahun 2014 PNS yang meninggal 18 orang. Sedangkan tahun ini, jumlah PNS yang meninggal yaitu sebanyak 27 orang,” ujarnya.

Baca Juga :   Sampah di Palembang Menyebar ke Jalan Protokol

Sementara itu, Sekretaris BKD dan Diklat Kota Palembang, Effendi menambahkan, akibat adanya PNS yang pensiun tersebut, maka formasi PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang pun berkurang, namun kekurangan itu bukan menjadi tolak ukur untuk jumlah kebutuhan PNS pemkot. Karena itu, sambung Effendi, pihaknya telah mengusulkan untuk penerimaan PNS untuk umum, namun yang diutamakan untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan.

“Sudah 5 tahun pemkot tidak mengajukan penerimaan PNS, karena lebih mengutamakan pengangkatan tenaga honorer, namun untuk tahun ini kami usahakan untuk penerimaan PNS tersebut,” pungkasnya. (wik)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Lemhannas RI Lakukan Pengukuran Hasil Pendidikan 2019 di Kodam II/Swj

Palembang, KoranSN Kegiatan Pengukuran Hasil Pendidikan (Evaluasi Dampak) Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.