2017, Dinkes Target 13 Puskesmas Terakreditasi

dr Anton Suwindro.
dr Anton Suwindro.

Palembang, KoranSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan akan ada 13 Puskesmas di Palembang yang sudah terakreditasi pada tahun 2017 mendatang.

Hal ini dungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Anton Suwindro saat di wawancarai, Minggu (16/10/2016).

Menurut Anton, akreditasi ini perlu dilakukan guna mengubah cara berpikir dan cara pandang masyarakat terhadap Puskesmas selama ini menjadi Puskesmas yang didambakan.

“Selama ini masyarakat berpikir kalau Puskesmas selama ini hanyalah sebagai tempat rujukan saja, jadi akan kita ubah mindseat seperti itu menjadi Puskesmas yang didambakan setiap masyarakat,” katanya.

Anton mengungkapkan, tahun ini ada sekitar 11 Puskesmas yang dipastikan akan segera terakreditasi. Diantaranya, Puskesmas Makrayu, Puskesmas Merdeka, Puskesmas Plaju, Puskesmas Sematang Borang dan Puskesmas Dempo.

Baca Juga :   Tari Mandau Bahalai SMN Kalteng Warnai Jalan Sehat BUMN di Palembang

“Ke 11 Puskesmas ini sudah kita ajukan di awal tahun 2016 lalu, tanggal 19 nanti akan dilakukan observasi akhir kelayakan untuk tiga Puskesmas yaitu Dempo, Plaju dan Sematang Borang. Ke 11 Puskesmas ini sudah dinyatakan lulus ISO (International Organization for Standardization),” jelasnya.

Dia menerangkan, Dinkes juga sudah menempatkan beberapa spesialis di beberapa Puskesmas tertentu, agar masyarakat tidak harus pergi ke rumah sakit demi mendapatkan pelayanan.

Dalam akrediatsi ini, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Seperti mengubah jam kerja para petugas kesehatan.

“Kemungkinan kedepan jam kerja yang tadinya dimulai pada pukul 7.30 WIB hingga jam 16.00 WIB akan diubah menjadi pukul 14.00 WIB selesainya, tapi hari Sabtu tetap operasional,” imbuhnya.

Baca Juga :   Perjusami Wira Kartika Bentuk Karakter Generasi Muda

Diketahui, ada 39 Puskesmas yang terdata oleh Dinkes Kota Palembang. Dimana 11 Puskesmas telah dinyatakan lulus ISO pada tahun ini oleh pemerintah pusat. Pemkot Palembang sendiri menargetkan seluruh Puskesmas sudah terakreditasi pada tahun 2018-2019 mendatang. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

TP PKK Sumsel Sinergikan Program Kerja Tahun 2021

Palembang, KoranSN Meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan, tak terkecuali kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.