2017, Sirkuit MotoGP Bakal Digarap

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat berjabat tangan dengan CEO Dorna Mr. Carmelo Ezpeleta di Sepang Malaysia. (foto-humas pemprov/ist)
BERJABAT TANGAN – Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat berjabat tangan dengan CEO Dorna Mr. Carmelo Ezpeleta di Sepang Malaysia. (foto-humas pemprov/ist)

Palembang, KoranSN

Rencana penyelenggaraan dan pembangunan sirkuit MotoGP kini telah disetujui oleh Dorna selaku official MotoGP. Karena itu, Pemprov Sumsel berencana bakal memulai pembangunan pada 2017 mendatang. Hal tersebut diakui oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Rabu (2/11/2016).

“Sirkuit ini nantinya akan menelan dana investasi sebesar 36 Euro atau sekitar Rp 600 miliar hanya untuk lintasannya saja,” katanya.

Meskipun dirinya enggan memberi tahu siapa yang bakal berinvestasi dalam pembangunan tersebut. Dirinya menjelaskan, nantinya sirkuit tersebut ada 14 tikungan, ada track lurus sepanjang 750 meter, bisa memacu kecepatan hingga 303 kilometer per jamnya dengan rata-rata kecepatan seluruh track yang ada 171 kilometer per jam.

Proses pembangunanya, diperkirakan memakam waktu hingga 17 bulan, lebih lama dibandingkan rencana sebelumnya 14 bulan. “Waktu pembangunan tersebut sudah termasuk ada gedung, tribun penonton, dan fasilitas lainnya. Dan ini berdasarkan desain dari konsultan asal jerman, Herman Tilker,” jelasnya.

Baca Juga :   2018, Sumsel Bangun Rumah Singgah

Untuk pembangunan sirkuit ini sendiri, sambung Alex, tentunya memiliki persyaratan pertama harus sudah ada lahan terlebih dahulu, serta kelayakan lahan dari sisi akses kesana. Termasuk, jalur transportasi menuju sirkuit tak hanya 1 tetapi banyak alternatif transportasi lain.

“Karena itu, ini akan menjadi kebanggaan kita mengingat banyak daerah yang ingin membangun fasilitas tersebut seperti Bali, BSD, Banten dan daerah lainnya,” terangnya.

Lahan seluas 120 hektar di Jakabaring yang masih lahan milik Pemprov Sumsel.

Dirinya juga menambahkan, sirkuit MotoGP ini sendiri nantinya dapat juga digunakan untuk F2 dan beberapa balapan lainnya. Ditanya luas lahan yang akan digunakan dirinya mengatakan, total lahan yang akan digunakan untuk pembangunan sirkuit ini sekitar 120 hektar.

Baca Juga :   15 DPD Partai Gelora Indonesia di Sumsel Terbentuk

“Jika ini selesai dibangun, maka setiap tahunnya akan ada event internasional di Palembang sehingga membuat Palembang dikenal dunia,” tandasnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Tokoh Masyarakat Musi Rawas Dukung Ramah-Berarti

Palembang, KoranSN Nazaruddin Hasan SH, Tokoh Masyarakat Kabupaten Musi Rawas pulang ke kampung kelahirannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.