21 Jurnalis Muara Enim Ikuti UKW

Salah seorang Penguji menjelaskan kepada peserta UKW
MENJELASKAN – Salah seorang Penguji menjelaskan kepada materi kesalahsatu peserta UKW. (foto-yudi/koransn.com)

 

Muara Enim, KoranSN

Sebanyak 21 orang jurnalis Muara Enim ikuti  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (28-29/11/2016). Hari pertama dilaksanakan  di Hotel Griya Sintesa Muara Enim kemudian berlanjut pada hari kedua, di Bappeda Muara Enim.

Pelaksanaan UKW selain diikuiti para jurnalis di Bumi Serasan Sekundang, terdapat pesert asal, Prabumulih, Lahat, dan Pagaralam. Kegiatan ini di laksanakan atas kerja sama antara Pemkab Muara Enim dengan PWI Muara Enim.

Ketua Pelaksana Kegiatan UKW Al Azhar mengatakan, tujuannya untuk menijadikan. Para jurnalis menjadi profesional dan kompeten. “Jika jurnalis itu profesional dan kompeten, maka eksistensinya sebagai kuli tinta tidak diragukan lagi,”ungkap Azhar.

Dia berharap, para peserta yang mengikuti UKW untuk menunjukan kemampuannya masing-masing sebagai jurnalis yang kompeten.

Sama halnya dikatakan Ketua PWI Muara Enim Andi Candra, pelaksanaan UKW yang berlangsung merupakan yang pertama dilakukan. “Mudah-mudahan, pada tahun berikutnya, UKW akan dilanjutkan kembali, mengingat, sebagian wartawan yang bertugas di Bumi Serasan Sekundang masih ada yang belum mengikuti UKW,”terangnya.

Baca Juga :   Muara Enim Ikuti Lomba Inovator se-Sumsel

Andi meyakini, jika jurnalis sudah lolos UKW makan profesionalitasnya tidak diragukan lagi. Terlebih lagi, kedepan, seluruh jurnalis harus sudah UKW. “Nantinya, jika diberlakukan UKW, maka narasumber bisa menolak jurnalis yang belum UKW,”kata Andi menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar menjelaskan, Pemkab Muara Enim melalui Humas dan Protokol Pemkab Muara Enim akan terus mendorong untuk mewujudkan jurnalis yang lebih profisional sebagai corong informasi  ke masyarakat. Tentunya informasi yang disebarkan harus benar dan tepat sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat.

“Jurnalis yang sudah UKW,  dapat mewujudkan profisional wartawan, khususnya di Kabupaten Muara Enim,” ucap  Muzakir di sela-sela Kegiatan Dialog dan Audensi Bupati Muara Enim bersama Media dan Wartawan se-Kabupaten Muara Enim, di Ballroom Hotel Sintesa Muara Enim, Senin (28/11/2016).

Baca Juga :   Muara Enim Miliki Potensi Kawasan Industri

Diakui Muzakir, keterbukaan dalam publikasi memang sangat diharapkan yang tentu akan beriringan dengan pembangunan daerah itu sendiri. Dimana, berita-berita yang dibuat, dapat dikonsumsi oleh masyarakat dalam bidang informasi.

“Diharapkan wartawan yang sudah mengikuti UKW, dapat lebih profisional dan kompeten,”pungkas Muzakir.

Adapun Tim  Penguji dalam kegiatan UKW tersebut berasal dari  PWI Pusat diantaranya Hendro Basuki dan Uyun Achadiat, dan Ketua PWI Sumsel H Oktaf Riyadi. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

170 Peserta Ikut DTD III Banser NU Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH menghadiri upacara pembukaan Diklat Terpadu …