Selasa , November 13 2018
Home / Headline / 2,2 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Dimusnahkan Polda Sumsel

2,2 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Dimusnahkan Polda Sumsel

Tim Labfor Polda Sumsel saat mengetes keaslian sabu dan ekstasi yang dimusnahkan. (Foto-Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Sebanyak 2,2 Kg sabu dan 1.539 butir ekstasi yang merupakan barang bukti ungkap kasus narkoba sepanjang bulan Agustus 2018, Jumat (14/9/2818) dimusnahkan Direktorat Reserse Nakorba Polda Sumsel.

Kabag Wasidik Ditres Narkoba Polda Sumsel, AKBP Imran Gunawan mengatakan, semua barang bukti yang dimusnahkan tersebut diamankan dari 11 tersangka kasus narkoba yang diungkap selama bulan Agustus 2018.

Menurutnya, adapun 11 tersangka tersebut yakni; Nabila Ulfani, Idham, Beni Candra, Panji Sanjaya, Ferry, Muhammad Hazir, Terry Amalson, Muhammad Rizkillah, Torik, Nazir dan Adiman.

“Para tersangka ini ditangkap pada waktu dan lokasi penangkapan yang berbeda. Dari penangkapan para tersangka inilah dimankan total barang bukti sebanyak 2,2 Kg sabu dan 1.539 butir ekstasi, yang hari ini barang bukti tersebut dimusnahkan,” katanya.

Masih diungkapkannya, pemusnahan tersebut juga disaksikan oleh pihak kejaksaan, BNN dan pejabat utama Polda Sumsel.

Tampak suasana pemusnahan 2,2 Kg sabu dan 1.539 butir ekstasi.

“Selain itu dalam pemusnahan barang bukti narkoba ini, kami juga menghadirkan para tersangka untuk menyaksikan secara langsung jalannya pemusnahan narkoba,” ujarnya.

Lanjut Imran, adapun tujuan pemusnahan barang bukti yakni untuk melengkapi berkas perkara para tersangka yang dalam waktu dekat akan disidangkan, serta untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan barang bukti dari aparat hukum yang tidak bertanggungjawab.

“Hal ini sesuai amanat Pasal 91 Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 dan juga Pasal 45 ayat (4) KUHAP yang mewajibkan kepada penyidik untuk melakukan pemusnahan barang bukti sitaan yang sifatnya dilarang, terlarang atau narkoba,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, sebelum dimusnahkan semua barang bukti sabu dan ribuan butir ekstasi tersebut dites keasliannya oleh Tim Labfor Polda Sumsel.

Kemudian sabu dan ekstasi dicampur diterjen untuk menetralisir zat narkoba yakni methamphetamine dan amphetamine. Setelah itu sabu dan ekstasi diblender menjadi bubur lalu dibuang ke dalam parit yang berada di Gedung Direktorat Reserse Nakorba Polda Sumsel. (ded)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

HD Minta Pelabuhan TAA Segera Dihidupkan

Banyuasin, KoranSN Memasuki 40 hari masa kerjanya sebagai Gubernur Sumsel, Herman Deru bergerak cepat membenahi ...

error: Content is protected !!