Home / Headline / 24 Agustus, Alex Lantik Lima Plt Bupati

24 Agustus, Alex Lantik Lima Plt Bupati

calon kepala daerah

Palembang, SN
Lima Daerah di Provinsi Sumatera Selatan yakni Kabupaten Ogan Ilir, OKU Selatan, OKU Timur, OKU dan Musi Rawas (Mura) akan segera menggelar Pilkada serentak. Masa pemerintahan bupatinya masing-masing akan berakhir pada awal September 2015 mendatang. Oleh karena itu, rencananya, kelima Plt Bupati untuk daerah tersebut akan dilantik pada 24 Agustus mendatang.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin sudah mengirimkan nama-nama pejabat eselon II golongan 4B Pemprov Sumsel calon Penjabat (Pj) Bupati ke empat daerah tersebut ke Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan tinggal menunggu Surat Keputusannya diterima kembali oleh gubernur.

Pada 22 Agustus mendatang, masa pemerintahan bagi lima kepala daerah di Sumatera Selatan akan berakhir. Karenanya, Pemerintah Provinsi Sumsel harus langsung melantik pelaksana tugas (Plt) ke lima daerah tersebut untuk meneruskan pemerintahan selama belum dilaksanakannya Pilkada serentak, Desember mendatang.

Baca Juga :   Sumsel Eratkan Kerjasama Bidang Pendidikan, Perkebunan dan Pariwisata dengan Negara Malaysia

Namun ternyata hal itu tidak bisa dilakukan Pemprov Sumsel, dalam artian pelantikan lima Kepala Daerah yang ditunjuk Gubernur Sumsel H Alex Noerdin harus tertunda. Lima daerah yang dimaksud yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, OKU Selatan, OKU Timur dan Musi Rawas.

Sebab, 22 Agustus bertepat dengan hari libur kerja, sementara di hari kerja tidak diperbolehkan adanya kegiatan pelantikan di pemerintahan dan sebagainya.

“Tidak bisa (dilakukan pelantikan Pj Kepala Daerah), kan libur. Acuannya, berdasarkan peraturan tidak boleh ada pelantikan, jadi harus ditunda hingga masuk hari kerja,” ujar Alex.

Baca Juga :   Disambar Petir, 5 Warga OKI Tewas

“Pelantikan ini akan dilakukan pada 24 Agustus nanti, atau Senin pagi di aula Bina Praja Pemprov Sumsel,” lanjutnya. Karena adanya kekosongan jabatan selama dua hari di pemerintahan lima daerah itu, maka Pemprov Sumsel sudah menyiapkannya.

Jika ada kegiatan pemerintahan, kata Alex, maka Sekda dari masing-masing kabupaten akan menjadi Plh (pelaksana harian) sementara menggantikan kekosongan pemerintahan.

“Sekda-nya yang akan turun. Tapi sabtu dan minggu kan jarang ada kegiatan. Kalaupun ada ya kondangan,” canda Alex. (yun)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

RS Fatimah Jadi Rujukan Pengobatan Jantung

Palembang, KoranSN Para pengidap penyakit jantung di Sumsel sekarang ini tidak mesti harus berobat keluar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.