Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / 29 Balon Kades Ikuti Tes Tertulis

29 Balon Kades Ikuti Tes Tertulis

Empat Lawang, KoranSN.com –  Sebanyak 29 bakal calon kepala desa (Balon Kades) dari empat desa mengikuti tes tertulis yang di selenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) kabupaten Empat Lawang, Selasa (12/5).

Kepala BPMD Empat Lawang M. Azhari menerangkan, tes ini guna menyaring Balon Kades di empat desa tersebut. Pasalnya, pendaftar Balon Kades melebihi jumlah, sebab sesuai aturan calon Kades minimal 2 orang dan maksimal 5 orang.

“Dari 29 Balon Kades yang mengikuti tes 9 orang dinyatakan gugur. Dengan rincian, Desa Suka Dana Kecamatan Muara Pinang dari 8 orang calon, yang gugur 3 orang. Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo, dari 7 orang calon, gugur 2 orang. Desa Tanjung Kupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi, dari 7 orang calon, gugur 2 orang dan Desa Air Kenlinar Kecamatan Ulu Musi, dari 7 orang calon, gugur 2 orang,” ungkapnya.

Baca Juga :   Polda Dalami Human Trafficking Kasus Prostitusi Via SMS

“Untuk sekarang ini tidak boleh ada calon tunggal, atau seperti dahulu melawan kotak kosong,” tambah Azhari.

Adapun yang diuji dalam tes Balon Kades ini adalah tentang seputar desa sesuai dengan UU yang berlaku saat ini, pengetahun umum tentang desa dan pemerintahan desa.

Ia menambahkan, untuk tes wawancara, sengaja tidak dilakukan, agar tidak menimbulkan alibi yang tidak baik (titipan,red). “Jadi, kita uji hanya tertulis yang menggunakan sistem komputer, bekerjasama dengan Ganesha Operation,” katanya.

Lanjut Azhari, setelah tes, hasilnya langsung diumumkan. “Kita ambil berdasarkan nilai tertinggi, yang tidak masuk 5 besar gugur,” pungkasnya. (foy)

Baca Juga :   65 Anak Ikuti Khitanan Massal KNPI Lahat

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.