3 Investor Tertarik Bangun Sirkuit MotoGP

H. Alex Noerdin. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin tetap optimis Jakabaring akan memiliki sirkuit balap motor tingkat dunia atau dikenal MotoGP. Mengingat saat ini sudah terdapat sedikitnya tiga investor yang tertarik membangun sirkuit tersebut di atas lahan seluas 120 hektar.

Orang nomor satu di Sumsel ini menjelaskan, belum lama ini ia telah bertemu kembali dengan Herman Tilke yang merupakan perancang sirkuit balap Formula Satu untuk membahas proses pembuatan sirkuit MotoGP Palembang dan proses realisasinya.

“Sudah ada 2 atau 3 investor yang tertarik membangun sirkuit MotoGP. Bahkan, Januari 2018 mendatang akan ditetapkan siapa pemenang investornya,” ujar Alex, Minggu (19/11/2017).

Menurut pelopor program berobat gratis ini, mimpinya ingin menggelar MotoGP 2019 di Palembang bakal menjadi kenyataan. Ketika di Jerman, selain berbincang-bincang dengan Herman Tilke, Alex juga diajak melihat langsung konstruksi dan peralatan Nurburging Circuit.

“Saat diajak melihat langsung, memang untuk lokasi di Jerman tidak datar, berbeda dengan kita di Jakabaring. Kalau kita ini datar,” ujar mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode ini.

Baca Juga :   Karena Kemarau, PLN di Sumsel Lakukan Pemadaman Bergilir

Dikatakan Alex, mimpi Palembang akan memiliki sirkuit MotoGP juga semakin nyata, apalagi Sumsel sudah disetujui oleh Dorna selaku ofisial MotoGP dan juga telah memiliki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang nanti dapat mengelolanya, yakni PT Jakabaring Sport City (JSC). “Saya semakin semangat menjadikan Sumsel tuan rumah MotoGP 2019 nanti,” ujar Alex.

Diketahui, sirkuit balap motor bergengsi yang bakal dibangun di atas lahan seluas 120 hektar di Jakabaring milik Pemprov Sumsel akan memiliki lintasan sepanjang 4,31 kilometer. Dimana ideal panjang lintasan itu 4,27 kilometer.

Sirkuit tersebut juga akan memiliki sebanyak 14 tikungan yang terdiri dari lima tikungan ke kanan dan sembilan tikungan ke kiri. Selain 14 tikungan, juga terdapat track lurus sepanjang 750 meter yang bisa memacu kecepatan hingga 303 kilometer per jamnya dengan rata-rata kecepatan seluruh track yang ada 171 kilometer per jam.

Baca Juga :   Personel TNI Dikerahkan Bantu Korban Tsunami

Sedangkan lebar lintasan sepanjang 12 meter. Namun, untuk lebar lintasan di start atau finish lebih lebar dua meter, yakni 14 meter. Lalu, Sirkuit MotoGP Palembang nantinya terdapat sembilan tribun yang mampu menampung 130 ribu penonton dan administrasi.

Di dalam sirkuit tersebut nantinya ada beberapa ruangan, sepeti ruang media, winner podiom, vip lounge, brefing driver, kitchen, paddock area, welcome center ticketing, parking, medical center, pilt building, main grandstand, CIK karting area, workshop area general adminiasion dan beberapa ruang lainnya. (rgn/rls)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Nambah 56, Covid-19 di Sumsel Naik Jadi 2.475

Palembang, KoranSN Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, Kamis (9/7/2020) mengatakan, kasus Covid-19 …