Home / Gema Sriwijaya / 3 Pilkades di OKI Bersengketa

3 Pilkades di OKI Bersengketa

pilkadesKayuagung, SN

Secara umum pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 160 desa di Kabupaten OKI aman dan damai. Namun ada Pilkades di 3 desa justru menyisakan permasalahan dan bersengketa sehingga harus dimediasi pemerintah.

Ketiga desa itu yakni Desa Sumbu Sari Kecamatan Mesuji Raya. Hasil penghitungan suara desa di desa tersebut masih dipersengketakan. Hasil penghitungan suara dari tiga calon kades yakni  nomor urut 1 Asngari, calon nomor 2 Kostalani dan calon nomor 3 Supriyadi, ada dua suara yang hilang.

“Sedangkan hasil penghitungan suara kedua calon memperoleh suara  hanya selisih 1 suara, Jumlah suara tidak sama dengan jumlah pemilih yang hadir,” kata Nursula SSos selaku Kepala BPMPD OKI.

Baca Juga :   Warga Desa Pengabuan Saling Klaim Lahan Cetak Sawah

Katanya, hasil Pilkades Desa Sungai Lumpur Kecamatan  Cengal diduga ada pemilih yang mencoblos menggunakan undangan orang lain sehingga calon nomor urut 1 Maidi melayangkan protes.

“Kotak suara Desa Sungai Lumpur kami amankan, jadi belum dilakukan penghitungan karena akan dimediasi dulu,”ungkapnya seraya menambahkan calon Kades Sungai Lumpur yakni nomor urut  1 Maidi, urut 2 Zainuddin dan  urut 3 Andi Antoni.

Menurut Camat SP Padang Iskandar Zulkarnain, permasalahan di Desa Ulak Jermun Kecamatan SP Padang diduga ada surat suara hasil fotokopy. Hasil penghitungan suara calon
Kades nomor urut 2 Sukarman alias Ujang berhasil memenangkan pemilihan dengan selisih 17 suara dari nomor urut 1 Jawariah.

Baca Juga :   Aswari Tingkatkan Bukit Serelo Sebagai Wisatawan Terbaik

“Karena ada protes, sehingga kotak suara diamankan di kecamatan, Warga akan menggelar demo di kecamatan hari Senin (10/8) untuk membuka kembali kotak surat suara apakah memang benar ada surat suara hasil foto kopy,” kata camat.(iso)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

258 Atlet Banyuasin Bertarung di Porprov XII

Banyuasin, KoranSN Sebanyak 258 atlet dari 20 cabang olahraga (Cabor) resmi dilepas Bupati Banyuasin Askolani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.