Home / Pesta Demokrasi / 3 Saksi Pilkada Lahat Tolak Tandatangani Hasil Penghitungan Suara

3 Saksi Pilkada Lahat Tolak Tandatangani Hasil Penghitungan Suara

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Ketua KPUD Lahat, Samsurizal Nusir. (foto-istimewa)

Lahat, KoranSN

Rapat pleno penghitungan suara Pilkada Lahat dan Pilgub Sumsel saat ini sudah dilakukan oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di 22 kecamatan di Kabupaten Lahat. Tetapi sangat mengejutkan, saksi dari Paslon Cabup nomor urut 1, 4 dan 5 menolak menandatangani hasil penghitungan atau berkas C1.

Meski demikian, KPU Lahat tetap menetapkan penghitungan surat suara tingkat kabupaten yang akan dilakukan pada 6 Juni 2018 mendatang.

Ketua KPUD Kabupaten Lahat, Samsul Rizal Nusir Bsc menegaskan, laporan dari anggota PPK bahwa saat penghitungan suara di tingkat kecamatan banyak saksi menolak memberikan tandatangan. Meski demikian, keadaan tersebut tidak akan menghalangi langkah KPU Lahat untuk melakukan penghitungan dan menetapkan siapa Cabup dan Cawabup Lahat terpilih.

“Bila mereka tidak memberikan tandatangan tidak menjadi masalah bagi kami, dan itu adalah hak mereka. Kami dari KPU melalui PPK tetap akan memberikan lampiran D1 dan D2, saat ini PPK dibeberapa kecamatan sudah ada yang menyelesaikan rapat pleno perhitungan, mudah-mudahan akan selesai sebelum 6 Juni 2018,” ujarnya, Sabtu (30/6/2018).

Lebih jauh dia mengatakan, terkait adanya dugaan money politik dan unjuk rasa yang dilakukan para pendukung Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lahat, hal tersebut tidak menghalangi langkah KPU untuk melaksanakan tugas. Karena sudah ada pihak terkait seperti; Panwaslu, Gakumdu dan polisi yang menanganinya. Sementara untuk adanya penolakan penandatanganan berkas C1 oleh saksi Paslon, maka pihaknya akan memasukannya ke dalam berkas kejadian peristiwa, sehingga tidak menyalahi aturan yang berlaku.

“Saat ini kami juga sedang melakukan pembukaan bagi calon anggota legislatif untuk Pileg 2019 mendatang. Kita harapkan semua pihak dapat bersabar sembari waktu penghitungan tiba, dan tidak melakukan hal yang dapat merugikan diri sendiri,” pungkas Samsul Rizal.

Sementara itu, informasi dari salah satu saksi Paslon Bupati Lahat menjelaskan, pihaknya sengaja tidak memberikan tandatangan persetujuan hasil rapat pleno tingkat kecamatan dikarenakan sudak ada instruksi.

“Kami hanya hadir dan membawa pulang lampiran D1 dan D2 sebagai laporan. Kami hanya melaksanakan tugas yakni, hadir saat pleno di kecamatan,” jawabnya singkat. (rob)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Ratusan Perempuan di Lubuklinggau Ingin Jadi Wakil Rakyat

Lubuklinggau, KoranSN Sedikitnya 161 perempuan ikut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif Kota Lubuklinggau. Mereka tersebar ...

error: Content is protected !!