30 Pama Kodam II/SWJ Ikuti Tes Diklapa TNI AD


Kodam II/Swj menyelenggarakan Tes Kesegaran Jasmani seleksi Pendidikan Lanjutan Perwira I Diklapa I, bertempat di Stadion Garuda Sriwijaya. (foto-humas kodam)

Palembang, KoranSN

Kodam II/Swj menyelenggarakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) dalam rangka seleksi Pendidikan Lanjutan Perwira I (Diklapa I), bertempat di Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) Jasdam II/Swj KM. 9 Palembang, Rabu (24/1/2018). Sebanyak 30 (tiga puluh) Perwira Pertama (Pama) berpangkat Letnan Satu (Lettu) dari berbagai satuan jajaran Kodam II/Swj yang mengikuti Tes Garjas ini.

Tes Garjas ini sendiri dibagi menjadi dua yakni, Tes Kesegaran ‘A yaitu lari sejauh 3.200 meter dengan ketentuan kategori umur dan Kesegaran ‘B yakni Pull Up, Sit Up, Push Up yang dilaksanakan masing-masing selama 1 menit dan Suhtle Run. Sedangkan untuk pelaksanaan Renang Militer (Renmil) dengan gaya dada jarak 50 meter menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) / Loreng) akan dilaksanakan keesokan harinya di Kolam Renang Balaputra Dewa, Markas Yonif Raider 200/Bhakti Negara, Gandus – Palembang.

Baca Juga :   Duo Yudha Sepakat Maju Bersama

Sebelum melaksanakan Test Garjas, para peserta melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesdam II/Swj Palembang meliputi, pengecekan personil yang akan melaksanakan tes Garjas, dilanjutkan dengan pemeriksaan tahap awal untuk mengukur tensi dan denyut nadi.

Selama kegiatan berlangsung, Jasdam II/Swj sebagai Koordinator kegiatan Tes Garjas dan Tim Kesehatan dari Kesdam II/Swj juga ikut memberikan dukungan dengan menempatkan tenaga medis beserta 1 unit mobil Ambulance untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan serta mampu memberikan pertolongan pertama dan mempermudah proses Evakuasi jika diperlukan.

Pada pelaksanaan kegiatan Garjas tersebut diawasi langsung oleh Tim Pusat dari Mabesad yang dipimpin oleh Kolonel Arh Saepul Mukti Ginanjar, S.I.P., didampingi oleh Aspers Kasdam II/Swj Kolonel Inf Tri Saktiyono dan Kajasdam II/Swj Letkol Inf M. Arief Suryandaru.

Baca Juga :   Tumpukan Eceng Gondok dan Sampah Warnai Sungai Musi

Melalui Tes Garjas ini, diharapkan para peserta tes dapat menunjukkan kemampuannya semaksimal mungkin dalam setiap materi tes, tetapi harus tetap memperhatikan faktor keamanan.

Untuk diketahui bahwa, Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) I bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada para Pama TNI AD agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Perwira Seksi (Pasi) atau yang setingkatnya. Selain itu, Diklapa I ini merupakan persyaratan untuk bisa mengikuti pendidikan selanjutnya yakni Diklapa II. (den/dam)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

ASN Palembang Award Diumumkan, Ini Nama-Nama 24 ASN yang Terpilih

Palembang, KoranSN Malam Grand Final Pemilihan Aparatur Sipil Negara (ASN) Palembang Awards 2020 yang berlangsung …