35 Kg Sabu dan 34 Ribu Butir Ekstasi Diblender

Juni Muldianto alias Joni, Riyanto alias Riyan dan Juanda alias Yabot tiga tersangka kasus Narkoba diamankan petugas BNNP Sumsel bersenjata. (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Selasa (11/2/2020) memusnahkan barang bukti 35 Kg sabu dan 34 ribu butir ekstasi. Barang bukti Narkoba hasil ungkap kasus pada Desember 2019 ini dimusnahkan dengan cara diblender, yang kemudian Narkoba dibuangkan ke saluran air yang ada di gedung BNNP Sumsel.

Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan mengatakan, barang bukti Narkoba jenis sabu dan ekstasi yang musnahkan tersebut hasil dari penangkapan tiga tersangka jaringan pengedar Malaysia. Adapun ketiga tersangka tersebut, yakni; Juni Muldianto alias Joni (30), Riyanto alias Riyan (28) dan Juanda Alias Yabot (27).

“Pemusnahan barang bukti ini dilakukan merupakan tindak lanjut dari berkas perkara ketiga tersangka, dan juga bertujuan agar barang bukti tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum petugas,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sekolah di Amerika, Mantan Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel Batal Beri Kesaksian di Sidang Dugaan Korupsi Kredit Modal Kerja

Masih dikatakannya, dalam kasus penyeludupan Narkoba tersebut memang masih ada pelaku yang belum tertangkap dan kini menjadi target dari BNNP Sumsel. Apalagi, salah satu pelaku dalam kasus ini, yakni Acok alias Keling (DP0) hingga saat ini masih dalam pengejaran.

“Jadi, kasus ini masih kami kembangkan karena masih ada pelaku yang belum tertangkap,” katanya.

Diungkapkannya, pengungkapan kasus ini bermula dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh BNNP Sumsel berkerjasama dengan Bea Cukai Palembang terkait informasi jika saat itu akan ada Narkoba yang masuk dari Malaysia ke Sumsel melalui Riau.

“Dengan info tersebut dilaksanakan penyelidikan, dan hasilnya Tim Berantas BNNP Sumsel bersama Bea Cukai Palembang menangkap tiga tersangka di lokasi berbeda,” ungkapnya.

Dijelaksannya, adapun lokasi penangkapan tersebut, yaitu untuk dua tersangka atas nama Juni Muldianto alias Joni dan Riyanto alias Riyan ditangkap saat membawa Narkoba dengan mengendarai mobil jenis minibus di Jalan Betung Sekayu Kecamatan Betung Banyuasin.

Baca Juga :   Penyelundupan 23 Kg Sabu & 7000 Lebih Ekstasi Asal Malaysia Untuk Diedarkan di Sumsel Digagalkan BNN

“Usai menangkap kedua tersangka lalu dilakukan pengembangan hingga petugas berhasil meringkus tersangka Juanda Alias Yabot di parkiran salah satu penginapan yang berada di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara,” ungkapnya.

“Untuk ketiga tersangka yang tertangkap ini dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimum yakni hukuman mati,” tandasnya. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Diduga Napi di Lapas Banyuasin Kendalikan Peredaran Sabu, 2 Kurir Ditangkap Polsek Sukarami 

Palembang, KoranSN M Feby (26), warga Lorong Asrama Haji Kebun Bunga Kecamatan Sukarami dan Edu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.