Home / Gema Sriwijaya / 36 Pegawai RSUD Prabumulih Diambil Sumpah Jabatan

36 Pegawai RSUD Prabumulih Diambil Sumpah Jabatan


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Usai di ambil sumpah jabatan kru RSUD foto bersama. (foto-andi fatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih melaksanakan pengangkatan sumpah jabatan tentang kerahasiaan rekam medis kepada kurang lebih 36 orang tenaga administrasi dan pegawai RSUD Kota Prabumulih. Pengangkatan sumpah ini dilakukan di Aula Auditorium RSUD kota prabumulih, Kamis (8/11/2018).

Plt Direktur RSUD Kota prabumulih, dr Efrizal Syamdudin mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kerahasian rekam medis atau latarbelakang penyakit seorang pasien dari masyarakat umum atau publik yang tidak berhak mendapatkan informasi tersebut.

Baca Juga :   Panen Raya, Bupati Askolani Minta Areal Sawah Ditanami Dua Kali

“Riwayat penyakit atau rekam medis seorang pasien tidak boleh di beritahukan dan di sebar luaskan kepada orang lain yang bukan ahli waris atau keluarga pasien. Hal ini dikarenakan dapat menurunkan image pasien, bahkan bisa menjadikan pasien menjadi terhina di mata masyarakat umum,” katanya.
Dirinya mencontohkan, misalnya penyakit HIV Aids dan Tuberkulosis (TBC) yang dapat membuat pasien menjadi terhina di mata masyarakat.

“Disinilah kita melakukan sumpah tersebut yang tujuannya untuk melindungi pasien, dan tidak memberitahukan riwayat penyakit seorang pasien kepada orang lain. Hal ini juga sebagai bentuk keterbukaan tenaga medis kepada keluarga pasien, dan bisa kita buka informasi tersebut hanya untuk kepentingan pengadilan,” pungkasnya. (and)

Baca Juga :   Hilangkan Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan, 4 Bank Sampah Dibangun
Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

110 Pejabat Fungsional Dilantik

Lahat, KoranSN Sebanyak 110 pejabat fungsional terdiri dari 77 bidan, 30 penyuluh pertanian dan 3 …