39 Pasang Balonkada di Sumsel Dinyatakan Sehat

Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel berfoto bersama Komisioner KPU dan Bawaslu Sumsel usai penyerahan hasil tes kesehatan. (Foto-Anton/Koransn)

Palembang, KoranSN

Sebanyak 39 pasang bakal calon kepala daerah (Balonkada) atau 78 kandidat dari 9 pilkada kabupaten/kota dan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel dinyatakan memenuhi syarat atau lolos tes kesehatan oleh tim dokter. Di antara 39 pasangan tersebut, 4 pasang calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel diumumkan langsung oleh Ketua KPU Sumsel Aspahani, Kamis (18/1/2018).

“Sesuai hasil tim dokter untuk seluruh 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, memenuhi syarat. Informasi yang kami dapatkan dari 9 kabupaten kota semua kandidat memenuhi syarat,” ungkap Aspahani, usai menyerahkan hasil tes kesehatan kepada empat pasang bakal Cagub/Cawagub.

Sebelumnya, 39 pasang Balonkada mengikuti tes psikotes yang dilakukan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), tes narkoba melalui urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), dan tes kesehatan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Keseluruhan tes bertempat di RSMH Palembang, 12-14 Januari 2018.

“Hasil pemeriksaan tes kesehatan ini tidak diperkenankan hasil pembanding, karena kita bersifat final dan mengikat,” kata Aspahani.

Ia mengatakan, selain tes kesehatan, keempat kandidat masih harus melengkapi persyaratan administrasi lainnya. Proses perbaikan berkas paling lambat diserahkan tanggal 20 Januari pukul 24.00 WIB.

“Pada prinsipnya semua berkas baik, tapi memang masih ada sedikit perbaikan. Untuk perbaikan itu, kami tunggu sampai tanggal 20 Januari, dan akan kami teliti kembali hingga tanggal 27 Februari, untuk kemudian ditetapkan pada 12 Februari,” ungkap Aspahani.

Ia mencontohkan, sejumlah syarat yang belum terpenuhi atau kurang, seperti LHKPN, kemudian ada calon yang belum mencontreng kolom bersedia cuti, lalu legalisir ijazah SMA ada yang berupa scan bukan cap basah, dan masih ada calon yang melampirkan tim kampanyenya dengan tulis tangan.

Baca Juga :   Gugatan KLHK Ditolak, Alex Enggan Berkomentar

“Pada prinsipnya, semua berkas baik, tapi memang ada sedikit perbaikan, dan itu kami tunggu sampai tanggal 20 Januari,” ujar Aspahani.

Salahsatu Bakal Calon Wakil Gubernur Sumsel, Giri Ramanda Kiemas, mengatakan ada beberapa syarat administrasi yang masih harus dilengkapi oleh dirinya bersama pasangannya, Dodi Reza Alex sebagai bakal calon Gubernur Sumsel.

“Hari ini (kemarin) kita urus langsung syarat administrasi yang masih belum lengkap. Untuk syarat dari KPK soal kekayaan atau LHKPN masih menunggu verifikasi dari KPK, nanti juga KPK langsung ngirim ke KPU Sumsel,” ungkap Ketua DPRD Sumsel ini.

Ditanya soal surat pengajuan cuti Kepala Daerah dan pengunduran diri, kata Giri, untuk cuti kepala daerah baru akan keluar dua hari sebelum mulai masa kampanye.

“Kalau untuk DPRD lima hari sebelum masuk kampanye sudah harus ada suratnya, sekarang kita sudah mengurus ke Depdagri,” ujar Politisi PDIP ini.

Masih kata Giri, untuk tim pemenangan Dodi-Giri saat ini masih dalam rembukan oleh seluruh tim pendukung dan partai pengusung.

“Siapapun nanti ketua tim harus siap perang. Untuk poskonya juga belum tahu apakah di Golkar atau di PDIP, yang jelas kita akan bersinergi dengan partai pengusung,” tutupnya.

Balon Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan semua berkas sebagai syarat dari KPU sudah lengkap. “Kita tinggal menunggu penetapan saja karena semua berkas saya dan Yudha Pratomo sudah lengkap. Saya rasa tidak ada masalah lagi kalau saya khususnya untuk hasil pemeriksaan kesehatan ini,” ujar Wakil Gubernur Sumsel ini.

Baca Juga :   Mawardi Yahya: Pendidikan Umum dan Agama Harus Berimbang

Ditanya tim pemenangan pasangan Ishak-Yudha, ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi untuk membentuk tim pemenangan.

“Sudah ada sebenarnya tim pemenangan, namun belum secara tertulis. Nanti kami akan koordinasikan lagi dulu dengan semua tim dan partai pengusung,” pungkasnya.

Sementara di Lahat, sebanyak 6 pasang bakal calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) dinyatakan lolos atau memenuhi syarat tes kesehatan.

Ketua KPUD Lahat Samsurizal menyampaikan, keenam pasang Cabup/Cawabup tersebut, yakni, pasangan Purnawarman Kias-Rozi Ardiansyah, pasangan Hapit Padli-Erlansyah Rumsah, pasangan Dodo Arman – Sutrisno, pasangan Cik Ujang – Haryanto, pasangan Bursah Zarnubi – Parhan Berza dan pasangan Nopran Marjani – Herliansyah.

“Dari hasil tersebut semua calon dianggap lolos dalam tahapan tes kesehatan dan akan mengikuti tahapan selanjutnya,” kata Samsurizal.

Di Kabupaten Empat Lawang, tiga bakal Cabup/Cawabupnya juga dinyatakan lolos tes kesehatan. Ketiganya, yakni pasangan Joncik Muhammad – Yulius Maulana, Yulizar Dinoto-Kison Syahrin, dan David Hadrianto-Eduar Kohar.

“Namun, jalur perorangan dengan catatan, karena belum ada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), serta syarat dukungan belum terpenuhi,” kata Ketua KPU Empat Lawang Mobius Alhazan. (awj/rob/snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

HD Gandeng Pimpinan KPK Selamatkan Aset Negara di Sumsel

Palembang, KoranSN Untuk menyelamatkan aset-aset negara yang ada di wilayah Sumsel sekaligus optimalisasi pendapatan pajak …