Selasa , Oktober 23 2018
Home / Gema Sriwijaya / 4 Begal Masih Satu Keluarga Diamankan, 2 Buron

4 Begal Masih Satu Keluarga Diamankan, 2 Buron

4 tersangka begal yang masih satu keluarga saat diamankan di Mapolres OKU. (foto/Ashadi)
4 tersangka begal yang masih satu keluarga saat diamankan pihak kepolisian. (foto/Ashadi)

Baturaja, KoranSN

Sebelum melumpuhkan mangsanya, komplotan begal yang terdiri satu keluarga ini, selalu menyamar sebagai penumpang ojek, di tengah jalan pelaku mencekik pengemudi lalu sepeda motornya dirampas.

Modus begal ini terkuak, setelah jajaran Polsek Sosoh Buayrayap Polres, Ogan Komering Ulu (OKU), Senin (14/11/2016) malam, berhasil mengamankan 4 orang komplotan begal antar kecamatan ini, sedangkan dua orang pelaku lainnya masih dalam pengejaran alias buron.

Menurut Kapolres OKU AKBP Leo Andi Gunawan SIk MPP di dampingi Kapolsek Sosoh Buayrayap AKP Hidayat Amin SH, Selasa (15/11/2016) mengatakan, setiap kali melakukan aksinya, komplotan yang berjumlah 6 orang ini sering menggunakan senjata api, mereka beraksi di empat kecamatan dalam Kabupaten OKU, yakni Sosoh Buayrayap, Baturaja Barat, Lubuk Batang dan Lubuk Raja.

“Dari hasil pengakuan tersangka, mereka sudah melumpuhkan 3 mangsa, otak pelaku adalah Kasturi (17) warga Dusun V Lekis Banuayu Kecamatan Lubuk Batang, dibantu saudara kandungnya Samin (24) dan iparnya Makmur (20) warga yang sama, berkomplot dengan Pompi (18) warga Desa Kurup Kecamatan Lubuk Batang yang juga sepupunya. Keempat pelaku berhasil dicokok petugas Polsek Sosoh Buayrayap di tempat berbeda. Kasturi bersama Pompi ditangkap saat nongkrong di GOR baturaja, sedangkan Samin dan Makmur ditangkap di rumahnya masing masing,” beber Kapolres.

Baca Juga :   Polisi Dalami Kasus Bakso Beracun

Menurutnya, saat beraksi komnplotan ini menyamar sebagai penumpang ojek. “Kalau mereka ingin beraksi, biasanya mencari mangsa tukang ojek untuk diantar ke suatu tempat dengan janji ongkos mahal, karena tergiur ongkos menjanjikan inilah, umumnya para korban tidak sadar jika orang yang di bonceng adalah pelaku begal, hingga di suatu tempat yang sudah disepakati oleh masing-masing tersangka, pelaku yang naik ojek akan beraksi dengan cara mencekik korbannya hingga sepeda motor berhenti, di sinilah para pelaku lainya yang sudah menunggu melancarkan aksi untuk merampas sepeda motor serta barang-barang berharga milik pengemudi ojek,” terang Kapolres.

“Kalau menurut pengakuan para tersangka, mereka baru melakukan begal sebanyak 3 kali, pertama sepeda motor yamaha Mio di kawasan Desa Kurup, honda Beat di dekat pembuangan sampah dari RS Sriwijaya menuju Lekis, dan honda Beat di dekat Polsek Sosoh Buayrayap, mangsanya ini semua tukang ojek, dan barang buktinya baru satu unit bisa kita amankan di Desa Banding Agung Kecamatan Madang suku III OKU Timur, dari pengakuan tersangka semuanya sudah dijual dengan harga mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 3 juta,” jelas Kapolres lagi.

Baca Juga :   Ibu dan Anak Kritis Dibacok Begal

Ditambahkan Kapolsek Sosoh Buayrayap AKP Hidayat Amin, kuat dugaan Kasturi dan Pompi yang ditemukan di GOR sedang merencanakan kejahatan baru, namun keburu ditangkap karena pihaknya sudah sejak Oktober lalu melakukan pengejaran.

“Pelaku ini jumlahnya ada enam orang, 4 sudah berhasil kami amankan dua lainya yakni A dan R sekarang masih kami kejar,” kata Hidayat Amin.

Sedangkan sepucuk senjata api yang diakui Pompi sebagai pemegangnya, dibeli dari A (buron) seharga Rp 5 juta. “Senjato itu cuma untuk pegangan bae, belum pernah aku tembak kan, apolagi sampai ado korban,” aku tersangka Pompi. (had)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Bentrok PT Lonsum di Lahat, Samurai Hingga Keris Sudah Dipersiapkan

Palembang, KoranSN Tersangka Najamudin (46), Herliansyah (29) dan Yandri (35) ternyata sudah mempersiapkan senjata tajam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!