Home / Gema Sriwijaya / 401 Calon Kades Gelar Deklarasi Damai

401 Calon Kades Gelar Deklarasi Damai

Foto bersama saat Deklarasi Damai dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2019. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Sebanyak 401 calon kades menyatakan deklarasi damai dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2019 di Kabupaten Muara Enim di halaman Pemkab Muara Enim, Selasa (17/09/2019) sekitar pukul 08.00 WIB.

Selain deklarasi damai, di tempat tersebut juga Gelar Pasukan Pengamanan dalam rangka pelaksanaan pilkades serentak Tahun 2019 dihadiri langsung Plt. Bupati Muara Enim H, Juarsah, SH dan unsur Muspida Muara Enim.

Plt. Bupati Muara Enim H, Juarsah SH mengatakan, di Kabupaten Muara Enim Tahun 2019 merupakan gelaran Pilakades serentak yang ketiga kalinya. Gelombang pertama telah dilaksanakan pada Tahun 2015 diikuti 86 desa, gelombang kedua tahun 2017 diikuti 37 desa. Gelombang ketiga tahun 2019 diikuti 102 desa di 18 kecamatan dengan jumlah calon kepada desa 401 orang.

Baca Juga :   Bentuk Panitia Pembebasan Lahan TPU

Dikatakannya, peningkatan suhu politik dan dinamika masyarakat tersebut akan diiringi dengan peningkatan kadar kerawanan Kamtibmas yang perlu diantisipasi semua pihak terkait. Dalam hal ini, TNI dan Polri yang melaksanakan pengamanan mengerahkan segenap kekuatannya dalam pelaksanaan pengamanan di Kabupaten Muara Enim.

“Ini merupakan wujud tanggung jawab semua pihak yang terkait tenaga pengamanan yang melaksanakan pengamanan Pilkada serentak tahun 2019. Masyarakat yang ada di desa menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019, saya yakin dan percaya bahwa seluruh anggota terus berkomitmen untuk pengamanan pilkada ini,” tegas Juarsah.

Baca Juga :   Warga PALI Berharap Pasar Murah

Tema dalam pelaksanaan pilkades “Dengan Deklarasi Damai Kita Ciptakan Pilkades serentak yang kondusif, demokratis dan berberkualitas”.

Beberapa kerawanan yang perlu mendapat perhatian dijelaskannya, adalah terjadinya konflik antar pendukung, sabotase distribusi logistik, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa pendukung yang berpotensi mengarah anarkis, manipulasi suara, penculikan calon dan petugas pelaksana pilkades, intimidasi kepada pemilih dan beberapa kerawanan pilkades secara keseluruhan apabila tidak diantisipasi dengan baik.

Ia minta kepada seluruh petugas pengamanan untuk mempertajam deteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan kamtibmas dan lakukan tindakan tegas kepada pelaku dari kelompok manapun yang melanggar hukum, karena pengamanan ini pada dasarnya bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas. (yud)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Feby Deru Salut Dengan Semangat Gerakan PKK Prabumulih

Prabumulih, KoranSN Putaran ke-3 kali ini, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.