Senin , September 24 2018
Home / Politik dan Pemerintahan / 468 Sekolah di Lombok Rusak Karena Gempa

468 Sekolah di Lombok Rusak Karena Gempa

Didik Suhardi. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Sebanyak 468 sekolah di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinyatakan rusak akibat gempa. Hal ini dinyatakan oleh Sekretaris Jendral Kemendikbud RI Didik Suhardi, saat mengikuti senam kebugaran bersama dan jalan sehat dalam rangka sosialisasi serta memeriahkan Asian Games XVIII, di Palembang, Minggu (12/8/2018).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih mengidentifikasi kondisi bangunan sekolah yang dinyatakan rusak tersebut. Rencananya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy akan meninjau langsung lokasi gempa di Lombok pada Senin (13/8/2018).

“Insyaallah besok Senin (13/8/2018) Pak Menteri akan berkunjung ke Lombok sekaligus menyerahkan bantuan, baik dari lembaga maupun bantuan iuran dari teman-teman di Kemendikbud, total bantuannya Rp 226 miliar,” ungkap Didik.

Baca Juga :   DRPD Sumsel Terancam Tak Gajian Enam Bulan

Dikatakannya, bantuan tersebut akan diberikan secara bertahap untuk perbaikan bangunan sekolah yang rusak. Untuk tahap awal, bantuan akan dialokasikan untuk perbaikan bangunan yang emergency dahulu.

Secara rinci, untuk sekolah-sekolah yang rusak akan kita identifikasi, total dana yang bisa digunakan khusus untuk itu sekitar Rp 200 miliar. Jumlah ini belum termasuk bantuan dari BNPB.

“Nanti setelah didentifikasi, untuk bangunan yang rusak total dananya berasal dari BNPB, dan yang rusaknya tidak terlalu parah, dana perbaikannya dari kita,” kata Didik.

Baca Juga :   Dana Sekolah Gratis Nunggak

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani mengatakan, saat ini, pelajar terdampak gempa di Lombok masih diliburkan, mengingat kondisi Lombok sendiri yang masih sering diguncang gempa susulan.

“Karena memang kondisinya masih belum menentu, dalam artian masih ada gempa susulan, jadi anak anak sekolah kita liburkan, namun tenda dan bantuan lainnya sudah disiapkan, apa yang diperlukan oleh anak-anak agar tidak ketinggalan sekolah sudah disiapkan oleh Kemendikbud,” pungkasnya. (awj)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

1014 Caleg Rebutkan 75 Kursi DPRD Sumsel

Palembang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel secara resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon ...

error: Content is protected !!