47 Tersangka Narkoba dan 35 Tersangka 3C Diringkus

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Supriadi MM, Senin (29/6/2020) mengatakan, selama tujuh hari pada minggu ke empat di bulan Juni 2020 Polda Sumsel dan jajaran berhasil meringkus 47 tersangka kasus Narkoba, dan 35 tersangka kasus 3C (Curas, Curat dan Curanmor).

Dijelaskannya, untuk 47 tersangka kasus Narkoba ditangkap oleh Ditres Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres-Polres di jajaran, yang terdiri dari; 34 pengedar Narkoba dan 13 tersangka pemakai Narkoba.

“Sedangkan barang bukti yang disita dari para tersangka tersebut yakni sabu sebanyak 1154,01 gram, ganja 36,89 gram dan ekstasi 8 butir,” ujarnya.

Masih dikatakannya, dari kasus Narkoba tersebut yang banyak mengungkap, yakni Polrestabes Palembang sebanyak 12 LP (laporan polisi), Polres OKI 7 LP dan Polres Muba 6 LP.

“Sedangkan untuk jumlah barang bukti yang terbanyak diungkap oleh Polres Lubuklinggau sebanyak 1.040 gram sabu, Polres Musi Banyuasin 28,14 gram sabu dan Polrestabes Palembang 27,38 gram sabu. Kemudian kasus menonjol adalah terungkapnya pengedar Narkoba dengan barang bukti 1.040 gram sabu oleh Polres Lubuklinggau,” terangnya.

Baca Juga :   Diduga Cemburu, Suami Bunuh Istri

Lebih jauh dikatakannya, dari barang bukti Narkoba yang disita tersebut Polda Sumsel dan jajaran berhasil menyelamatkan 7.124 anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan Narkoba.

“Sedangkan untuk Ditreskrimum Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres-Polres di jajaran mengungkap kasus 3C sebanyak 28 kasus dengan 35 tersangka. Adapun rincian kasusnya; Curat 13 kasus, Curas 12 Kasus, Curanmor 2 kasus, pembunuhan satu kasus, dan untuk pengungkapkan kasus Anirat nihil,” jelasnya.

Dilanjutkannya, untuk kasus tindak pidana umum yang terbanyak mengungkap kasus, yakni Ditreskrimum Polda Sumsel 5 kasus, Polrestabes Palembang 4 kasus, Polres OKI 4 kasus. Sedangkan untuk mengungkap 2 kasus, masing-masing adalah Polres Musi Banyuasin, Polres Banyuasin, Polres Lahat, Polres PALI dan Polres Muratara.

“Di masa Pandemi Covid-19 ini Polda Sumsel dan jajaran tidak behenti melakukan pengungkapan kasus-kasus yang terjadi, dan diharapkan peran serta masyarakat dalam ungkap kasus 3C dan kasus Narkoba di wilayah hukum Polda Sumsel,” himbaunya.

Baca Juga :   Polda Sumsel Lepaskan Wakil Bupati OKU dari Tahanan

Lebih jauh diungkapkannya, jika Polda Sumsel menghimbau masyarakat agar selalu meningkatkan pengawasan terhadap anak dan keluarga masing-masing supaya terhindar dari penyalahgunaan Narkoba yang sangat dapat merusak generasi penerus bangsa.

“Sedangkan dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana 3C, kita himbau dan berharap agar masyarakat selalu waspada serta meningkatkan keamanan di lingkungan masing-masing, terutama bagi pemilik kendaraan sepeda motor dan mobil untuk menambah kunci pengaman agar terhindar dari Curanmor,” tandasnya. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Nekat, Pagi Hari Rampok Beraksi di Minimarket Jalan Anwar Sastro Palembang

Palembang, KoranSN Dua pelaku perampok dengan senjata tajam (Sajam) menyatroni salah satu minimarket di Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.