Senin , November 19 2018
Home / Kota Musi / 5 Kapolres di Sumsel Diganti

5 Kapolres di Sumsel Diganti

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti jabatan lima Kapolres di jajaran Polda Sumsel. Adapun kelima Kapolres yang diganti tersebut yakni; Kapolres OKI, Kapolres OKU Selatan (OKUS), Kapolres Lahat dan Kapolres Lubuklinggau dan Kapolres Pagaralam.

Pergantian jabatan Kapolres tersebut berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Kapolri dengan Nomor TR: ST/2593/X/Kep/2018, ST/2594/X/Kep/2018, ST/2595/X/Kep/2018, ST/2596/X/Kep/2018, ST/2597/X/Kep/2018 dan ST/2598/X/Kep/2018.

Tertuang dalam TR tersebut, Kapolres OKI AKBP Ade Harianto digantikan oleh AKBP Donni Eka Syaputra yang sebelumnya menjabat Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumsel. Sementara AKBP Ade Harianto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubag Sumda Setpusinavis Bareskrim Polri.

Kemudian Kapolres OKU Selatan yang dijabat oleh AKBP Fery Harahap diganti oleh AKBP Deny Agung Andriana yang sebelumnya menjabat Kasubag Pamkol Yanma Polri. Sedangkan AKBP Fery Harahap menjabat sebagai Kapolres Lahat menggantikan AKBP Roby Karyadi, yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Sumsel.

Sementara untuk AKBP Yosi Runtukaha yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Sumsel, dimutasikan sebagai Pamen Polda Jatim.

Selain itu, Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar digantikan oleh AKBP Dwi Hartono yang sebelumnya menjabat Kapolres Pagaralam. Untuk AKBP Sunandar menempati jabatan baru menjadi Wadirlantas Polda Babel, sedangkan untuk jabatan Kapolres Pagaralam diisi oleh AKBP Trisaksono Puspo Aji yang sebelumnya Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jateng.

Bukan hanya lima Kapolres di Sumsel yang terjadi pergantian jabatan. Dalam TR Kapolri tersebut jabatan Direskrimum, Karo SDM dan Kabid Dokes Polda Sumsel juga dilakukan perombakan.

Dimana untuk jabatan Direskrimum Polda Sumsel yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Budi Suryanto diganti oleh Kombes Pol Yustan Alpiani yang merupakan Direskrimsus Polda Jatim. Sedangkan Kombes Pol Budi Suryanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Direskrimsus Polda Kaltim.

Sementara untuk Karo SDM Polda Sumsel yang dijabat Kombes Pol Kristiono diganti Kombes Pol Anthony Agustinus yang sebelumnya Karo SDM Polda Jambi. Untuk Kombes Pol Kristiono diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabag Pangkat Robinkar SSDM Polri. Kemudian, Kabid Dokes Polda Sumsel Kombes Pol Tri Yuwono Putra diganti oleh AKBP Syamsul Bahar yang sebelumnya Kabid Dokes Polda Sulbar. Sedangkan untuk Kombes Pol Tri Yuwono Putra diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid Dokes di Polda Jateng.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Selasa (16/10/2018) mengatakan, pergantian jabatan dan mutasi di Polri merupakan hal yang biasa.

“Ya, itu hal yang biasa di Polri. Karena memang sudah saatnya adanya pergantian dan juga promosi jabatan. Pergantian jabatan ini sama dengan mengalirnya darah di dalam tubuh, kalau tidak mengalir malah akan menjadi masalah bagi kesehatan tubuh,” kata Kapolda.

Sementara Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Slamet Widodo mengungkapkan, sekitar 14 hari kedepan usai TR tersebut diterbitkan, barulah dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) kelima Kapolres, Direskrimum, Karo SDM dan Kabiddokes Polda Sumsel yang diganti.

“Mutasi merupakan hal biasa dalam organisasi Polri. Hal ini dilakukan untuk penyegaran serta promosi jabatan bagi personil Polri,” tutupnya. (ded)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Aplikasi Taksi Online Akan Dipasang Tombol Panic Botton

Palembang, KoranSN Pemerintah menunjukkan keseriusannya dalam menjaga keamanan penumpang dan pengemudi taksi online (Taksol), dengan ...

error: Content is protected !!