Home / Kesehatan / 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Payudara Melorot

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Payudara Melorot

Ilustrasi payudara. (foto-net/vivanews)

MEMILIKI anak, menyusui, pertambahan usia, semua hal itu berkontribusi atas menghilangnya elastisitas kolagen pada payudara wanita. Sehingga jaringan di bawah kulit akan berubah kendur.

Payudara yang mengendur juga bisa karena faktor genetik. Tapi, ada juga perilaku yang awalnya disangka tak jadi penyebab turunnya payudara ternyata bisa menyebabkan payudara kendur.

Sebuah studi di UCLA, menemukan bahwa jaringan payudara menua pada dua hingga tiga tahun lebih cepat dibanding bagian tubuh lainnya. Dilansir dari laman Women’s Health, berikut ini kebiasaan tak terduga yang membuat payudara kendur.

Baca Juga :   KNPK Dukung Kominfo Blokir Iklan Rokok yang Tak Sesuai Peraturan

1. Diet ketat

Diet yo-yo membuat jaringan payudara menjadi lebih kendur, seperti orang tua, kata Michael Edwards, M.D, ahli bedah payudara dan ketua dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

2. Merokok

Bahkan payudara tak bisa lepas dari efek buruk rokok. “Merokok melemahkan dan membuat kulit menua dengan menurunkan persediaan kolagen di permukaan kulit,” kata Edwards.

3. Paparan sinar matahari

Tak hanya wajah yang perlu diberikan tabir surya sebagai pelindung agar tak mengalami penuaan dini. Payudara juga memerlukan tabir surya karena paparan matahari memiliki efek yang sama, yaitu mengendurkan payudara dengan mengulurkan kolagen dan merusak kulit.

Baca Juga :   Trik Cegah 'Kebobolan' Pasca Melahirkan

4. Bra yang tak tepat

Entah bra harian atau pun sport bra, penopang yang tak tepat bisa menjadi alasan payudara kendur.

“Semakin banyak payudara memantul, semakin banyak tekanan di kulit payudara dan kolagen,” kata Edwards. Coba cari bra yang pas dan sesuai dengan bentuk payudara.

5. Latihan high impact

Gerakan berulang maju mundur yang terjadi ketika lari atau olahraga lain bisa memicu rusaknya kolagen pada payudara. (viva.co.id)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

4 Tips Mudah untuk Menghindari Risiko Kanker

Jakarta, KoranSN Bajakah kini menjadi tanaman yang banyak dicari masyarakat, karena dianggap mampu mengatasi kanker …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.