Home / Kesehatan / 5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Kurang Energi

5 Penyebab Tubuh Terasa Lemas dan Kurang Energi

Ilustrasi. (foto-detik)

Jakarta, KoranSN

Tubuh terasa lemas dan kurang energi setiap hari meskipun tidur cukup dan tidak terserang penyakit? Hati-hati, pakar mengatakan penyebabnya bisa saja 5 hal ini.

Pakar gizi Jackie Lynch mengatakan tubuh terasa lemas dan kurang energi setiap hari bisa jadi dikarenakan kebiasaan harian Anda yang tidak sehat. Ia mengatakan ada 6 hal yang bisa jadi penyebab tubuh sering lemas.

Apa saja? Dikutip dari buku terbarunya Va Va Voom: the 10-Day Energy Diet, berikut penjelasannya:

1. Kurang makan protein

Karena takut gemuk, tak sedikit orang yang menghindari makanan dengan protein tinggi seperti daging, ikan dan telur. Padahal konsumsi protein penting bagi tubuh untuk pembentukan otot dan tulang.

2. Terlalu sedikit makan karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karena itu, karbohidrat jangan dihindari, namun dikonsumsi secara bijak dengan memiliki makanan seperti nasi merah yang mengandung karbohidrat kompleks.

3. Terlalu banyak konsumsi kafein

Kafein dari teh dan kopi memang bisa membuat tubuh bertenaga, namun efeknya hanya sebentar. Pastika Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2 cangkir kopi per hari agar kafein tidak mengganggu kualitas tidur.

4. Kurang aktif bergerak

Nah, kurang aktif bergerak juga bisa menyebabkan rasa lemas lho. Sebabnya kurang bergerak membuat sirkulasi darah terganggu, yang membuat organ-organ tubuh kurang mendapat pasokan oksigen.

5. Dehidrasi

Jangan salah, kecukupan minum air penting agar tubuh bisa menyalurkan nutrisi dan oksigen lewat darah. Karena itu, cukupi kebutuhan air minum sesuai kebutuhan dan berat badan Anda. (detikcom)

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Tips Pilih Kondom Agar Anda dan Si Dia Puas Bercinta

Jakarta, KoranSN Banyak orang tahu bahwa menggunakan kondom saat berhubungan adalah pilihan tepat untuk kesehatan ...

error: Content is protected !!