50 Hektar Lahan Padi di Desa Rantau Bayur Terendam Banjir

mi8dyeyb
FOTO/NET

Banyuasin,KoranSN
Akibat hujan lebat yang terus turun, menyebabkan puluhan hektar tanaman padi di Desa Rantau Bayur Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin terendam banjir sejak 1 minggu terakhir.Hal ini diungkapkan Ketua BPD sekaligus petani padi Desa Rantau Bayur, M Ali saat diwawancarai melalui handphone, Senin (14/11/2016).

Dikatakan M Ali, banjir sudah hampir
menenggelamkan seluruh areal hamparan Sungai Bongor seluas 50 Ha. “Tanaman padi kami yang berumur 2 bulan sampai 2,5 bulan terendam setinggi leher padi, bahkan sebagian besar sudah terendam total,” kata M Ali.

Baca Juga :   Herman Deru Siap Kembalikan Penas KTNA ke Bumi Sriwijaya

M Ali menjelaskan, banjir diperkirakan lama surutnya, mengingat curah hujan semakin hari makin meningkat. Selain itu penyebab banjir adalah lokasi lahan lebak yang tidak bisa surut kecuali musim kemarau.

“Biasanya banjir disini paling cepat 4 bulan hingga 5 bulan. Beginilah nasib sawah kami di Rantau Bayur. Cuman lebih untung sebagian sudah dipanen sebelum banjir, sedangkan yang belum dipanen lebih luas dari yang sudah dipanen,” ujar M Ali.

Sementara KA UPTD Kecamatan Rantau Bayur saat dikonfirmasi membenarkan adanya sawah kebanjiran dan memang benar di lokasi wilayah Kecamatan Rantau Bayu terkena banjir. Sedangkan pantauan di lapangan nampak sawah 25 persen sudah panen dan 75 persennya masih terkena banjir. (sir)

Baca Juga :   Rumah Dinas Bupati PALI yang Pertama di Coklit
Iklan Polres Lahat

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Tahapan Pilkada Lanjutan Dimulai 15 Juni 2020, KPU PALI Alihkan Dana Pertemuan untuk Beli APD

PALI, KoranSN Setelah ditetapkan tahapan lanjutan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dimulai 15 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.