Home / Kesehatan / 6 Minuman Ini Ampuh Netralisir Tubuh Usai Kalap Makan di Hari Lebaran

6 Minuman Ini Ampuh Netralisir Tubuh Usai Kalap Makan di Hari Lebaran

Jus buah.(foto-net)

MENU Lebaran yang begitu beragam dan lezat, seringkali memicu rasa ketagihan di lidah. Namun, tak sedikit kandungan santan dengan lemak tinggi di dalamnya yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh.

Biasanya kandungan lemak tinggi dari santan memicu peningkatan asam lambung. Untuk meredakannya, berikut beberapa hal yang bisa dikonsumsi dikutip dari laman Healthline, Jumat 7 Juni 2019.

1. Teh Herbal

Teh herbal membantu meningkatkan sistem pencernaan dan meredakan masalah lambung seperti mual dan kembung. Hindari rasa teh mint karena dapat memicu asam lambung meningkat. Pilih rasa chamomile, licorice, slippery elm, dan marshmallow untuk meredakan masalah lambung yang terjadi.

Baca Juga :   Manfaat Bercinta dengan Lampu Menyala, No. 4 Paling Dicari

2. Susu low fat

Susu sapi biasanya jenis yang sulit dicerna oleh sebagian orang, terlebih kandungannya yang dominan lemak. Namun, Anda bisa memilih susu sapi rendah lemak agar meredakan masalah lambung.

3. Susu berbasis tanaman

Untuk yang memiliki masalah intolerasi laktosa, susu berbasis tanaman bisa dipilih selain susu sapi. Biasanya jenis susu kedelai dan almon menjadi pilihan. Pada susu almon, mengandung alkali yang dapat meredakan asam lambung. Sementara susu kedelai mengandung rendah lemak yang aman dikonsumsi untuk lambung.

4. Jus

Hindari jenis jus bersifat asam yang berasal dari buah citrus, tomat dan nanas. Sebaiknya konsumsi jenis jus yang aman untuk lambung seperti wortel, bit, serta lidah buaya.

Baca Juga :   Pria, Orgasme 350 Kali Dalam Setahun Bisa Bikin Umur Panjang

5. Smoothies

Pilihan smoothies untuk meredakan asam lambung tak hanya sehat namun juga menyegarkan. Olah smoothies dengan buah yang rendah asam seperti pir atau semangka. Bisa juga menambahkan sayuran hijau agar lebih sehat.

Menu sederhana yang bisa dicoba yaitu terdiri dari paduan alpukat dan bayam. Selain itu, bisa juga memilih teh hijau dengan anggur hijau.

6. Air kelapa

Air kelapa memiliki rasa manis yang alami serta kandungannya yang baik bagi tubuh. Elektrolit di dalamnya seperti potasium dapat membantu menyeimbangkan elektrolit di tubuh, yang mana dapat mengontrol asam di lambung. (viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dokter: Penyebabnya Infeksi Saluran Pernapasan dan Radang Selaput Otak

PIHAK Rumah Sakit Ar Rasyid Palembang yang sempat merawat bayi perempuan berusia 4 bulan warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.