68 Pengurus Abpednas Kabupaten Muratara Dilantik

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat saat memberikan arahan kepada pengurus Abpednas Kabupaten Muratara. (Foto-SN/Sunardi)

Muratara, KoranSN

Sebanyak 68 orang pengurus Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) periode 2020-2025 dilantik.

Pelantikan berlangsung di Rumah Dinas Bupati Muratara Desa Terusan Kecamatan Karang Jaya, Rabu (16/9/2020). Hadir dalam acara tersebut yakni Kapolres Muratara AKBP Adhi Witanto, Kepala Dinas PMD Gusti Rohmani, Ketua Umum Adpednas Deden Syamsudin, Sekjend Adpednas Indra Utama, seluruh Camat dalam wilayah Kabupaten Muratara, Ketua Ikatri Kabupaten Muratara, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara dan sejumlah kepala desa.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Muratara sekaligus Ketua Panitia Pelantikan, Gusti Rohmani mengatakan tujuan dibentuknya Abpednas adalah dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat lembaga BPD sebagai unsur penyelenggara pemerintah desa dalam melaksanakan fungsi pengawasan, menampung aspirasi masyarakat serta menjadikan lembaga yang berkompeten dalam membantu pemerintah untuk membangun desa dalam wilayah Kabupaten Muratara.

“Dasar hukumnya adalah pasal 28 E ayat 3 UUD 1945, UU no 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan, PP no 58 tahun 2016 tentang peraturan pelaksaan Undang undang no 17 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan, Permendagri no 57 tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan, Keputusan Mentri Hukum dan Hak Asasi manusia Republik Indonesia no AHU-135.AH.01.07 tahun 2014 tanggal 1 april 2014,” terangnya.

Baca Juga :   DPRD Muratara Gelar Rapat Lintas Komisi dengan Eksekutif

Kepala PMD mengungkapkan, pengurus Abpednas ini adalah Ketua dan anggota BPD dari 82 Desa dalam wilayah Kabupaten Muratara.

“Pengurus Abpednas Kabupaten Muratara yang akan dilantik sebanyak 68 orang,” ujarnya saat menyampaikan laporan sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Sementara itu Ketua umum DPP Adpednas, Deden Syamsudin mengucapkan terimakasih kepada Bupati Muratara yang telah menyediakan tempat untuk acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Abpednas Kabupaten Muratara periode 2020-2025.

“Sebelum pengurus Abpednas ini dilantik saya sudah berbincang bincang dengan Pak Bupati, Pak Bupati sudah ngomong sama saya bahwa pada tahun 2021 mendatang ada peningkatan kapasitas untuk BPD,” katanya saat menyampaikan sambutan dihadapan pengurus DPC Abpednas Kabupaten Muratara.

Ia menceritakan, terbentuknya Abpednas ini dikarenakan adanya anggota BPD dipecat oleh Kades, padahal BPD dengan Kades tersebut SK nya sama-sama dari Bupati.

Baca Juga :   PPK dan PPS se-Muratara Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih

“Mungkin dari ketidaktahuan mereka lah sehingga terjadi seperti itu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengatakan dirinya sangat mengapresiasi terhadap BPD Muratara karna setelah enam bulan anggota BPD ini dilantik sudah terbentuknya Abpednas.

“Selamat bertugas kepada pengurus Abpednas, bantu Pemerintah Desa. Apa yang dikerjakan oleh Kades BPD harus tahu, apa yang dibangun oleh Kades BPD harus tahu,” pesannya.

Untuk diketahui sebagai pengurus DPC Abpednas Kabupaten Muratara periode 2020-2025 adalah sebagai Ketua Adpednas Muratara, Nawawi. Waķil Ketua 1 Solihin, Wakil Ketua II Rahmansyah. Sekretaris Umum Ucok Sevrawan, Wakil Sekretris I Taufik Rahman, Wakil Sek II Supriyadi Ariyanto. Bendahara Umum Herlina. (snd)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pilkada Muratara: Kampanye Paslon Mulai Tanggal 26 September Hingga 5 Desember

Muratara, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) gelar rapat koordinasi (Rakor) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.