Home / Kesehatan / 7 Cara agar Ibu Hamil Nyaman dan Sehat Berpuasa

7 Cara agar Ibu Hamil Nyaman dan Sehat Berpuasa

Ilustrasi. (foto-net)

BERPUASA di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu secara fisik. Tapi bagaimana dengan ibu hamil alias bumil, bolehkah berpuasa?

Spesialis Gizi Klinis, Rumah Sakit Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK mengatakan, bumil boleh saja untuk menjalankan puasa. Namun, ada sejumlah syarat ketat yang harus diketahui dan juga diikuti agar tetap sehat selama berpuasa.

“Pertama tentu harus dikonsultasikan ke dokter kandungan. Umumnya yang boleh dan aman itu trimester kedua dan ketiga,” ungkap Juwalita.

Sementara untuk trimester awal, ia tidak menyarankan bumil untuk berpuasa. Ini lantaran pada periode tersebut merupakan tahapan awal pembentukan janin. Sehingga perempuan dan janin yang dikandungnya membutuhkan nutrisi yang cukup.

Jika kehamilan Anda sudah melewati trimester pertama dan merasa siap serta kuat untuk berpuasa, perhatikan tujuh hal berikut.

Baca Juga :   Wajib Tahu, Tanda-tanda Wanita Tak Puas dengan Hubungan Seks

1. Kondisi Ibu dan Janin Sehat

Sebelum memulai melakukan puasa, sebaiknya Bunda harus mengetahui kondisi tubuh terlebih dahulu. Bila tidak ada masalah selama kehamilan dan tidak ada pantangan dari dokter, maka Bunda bisa menjalankan puasa.

2. Perhatikan Asupan Nutrisi Saat Sahur

Selama kehamilan, Bunda membutuhkan asupan nutrisi yang lebih untuk perkembangan janin, sehingga saat sahur sebaiknya lengkapi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, mineral, dan vitamin.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, perbanyaklah konsumsi air putih saat sahur dan juga berbuka puasa untuk mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang.

4. Menjaga aktivitas

Ibu hamil pasti akan mudah sekali merasa lelah, terlebih saat berpuasa, sehingga disarankan untuk menjaga dan mengatur aktivitas sebaik mungkin. Bagi Bunda yang bekerja di luar sempatkanlah tidur siang pada jam istirahat untuk menjaga tubuh tetap fit.

Baca Juga :   Selain Bau Mulut, Waspada Gigi Sensitif saat Puasa

5. Penuhi Nutrisi Kembali Saat Berbuka

Pilihlah makanan berbuka puasa yang sehat dan bernutrisi untuk mengembalikan energi tubuh. Bunda bisa mengonsumsi sayur, ikan, daging, dan juga buah-buahan.

6. Konsumsi Vitamin Bila Perlu

Konsumsi vitamin semasa hamil biasanya dilakukan atas rekomendasi dokter agar Bunda dan janin tetap sehat. Selain itu minum susu khusus ibu hamil dapat dijadikan sebagai nutrisi tambahan.

7. Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Salah satu upaya agar tetap lancar berpuasa ialah menjaga pola makan. Hindari makanan yang dapat memicu gas di lambung serta makanan yang pedas. Selain itu, makan secukupnya saja dan jangan berlebihan, Bunda. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. (viva.co.id)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

4 Tips Mudah untuk Menghindari Risiko Kanker

Jakarta, KoranSN Bajakah kini menjadi tanaman yang banyak dicari masyarakat, karena dianggap mampu mengatasi kanker …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.