Senin , September 24 2018
Home / Asian Games 2018 / 7 Satgas Amankan Asian Games di Kota Palembang

7 Satgas Amankan Asian Games di Kota Palembang

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (Foto-Humas Polda Sumsel)

Palembang, KoranSN

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara telah membentuk tujuh Satgas untuk mengamankan pelaksanaan Asian Games 2018 di Kota Palembang. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan bagi ribuan atlet, official dan supporter dari negara asing yang datang ke Palembang.

Menurut Kapolda, tujuh Satgas tersebut diantaranya yakni; Satgas Pengamanan dan Pengawalan Rute dan Parkir, Satgas Pengaman Venue Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Satgas Pengamanan Kegiatan Perlombaan Asian Games. Kemudian, Satgas Pengamanan Wilayah yang terdiri dari; Satgas Pengamanan Mal dan Satgas Pengamanan Objek Wisata yang akan dikunjungi oleh para atlet dan official.

“Jadi, kami sudah membentuk tujuh Satgas pengaman Asian Games 2018 di Palembang. Setiap Satgas ini akan melakukan tugasnya sesuai wilayah pengamanan masing-masing. Selain itu, dalam pengamanan tersebut kami juga mengamankan objek-objek vital yang berada di Kota Palembang,” kata Kapolda, kemarin.

Baca Juga :   Amankan Asian Games, Ratusan CCTV Canggih Tersebar di Kota Palembang

Masih dikatakan Kapolda, pada pelaksanaan Asian Games di Kota Palembang akan hadir 4.500 hingga 5.000 tamu dari negara se-Asia. Ribuan tamu tersebut merupakan atlet, official dan supporter.

“Untuk itulah saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan. Sebab, Asian Games yang berlangsung di Kota Palembang merupakan pesta olahraga terbesar nomor 2 di dunia,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, dalam pengamanan Asian Games tersebut pihaknya menerjunkan 5.640 personel anggota kepolisian.

“Bukan hanya itu, dalam pengamanan ini kami juga mendapat bantuan kekuatan BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Mabes Polri dengan jumlah 400 personel kepolisian. Semua jumlah tersebut baru dari kepolisian saja, apabila ditambahkan dengan kekuatan dari TNI dan instansi terkait maka total jumlah personel yang mengamankan Asian Games 2018 di Palembang berjumlah 7.547 anggota,” jelasnya.

Baca Juga :   Aries Susanti Sumbang Emas Pertama dari JSC

Lebih jauh Kapolda mengutarakan, bahkan untuk memantau Kamtibmas dan aksi kejahatan jalanan di Kota Palembang, saat ini sekitar 260 CCTV (Closed Circuit Television) canggih dan terkoneksi dengan E-KTP telah terpasang di sejumlah lokasi.

“Semua CCTV yang terpasang tersebut terkoneksi dengan E-KTP. Jadi, jika orang yang terekam di CCTV maka identitasnya dapat diketahui. Selain itu, CCTV ini juga dapat mendeteksi nomor kendaraan dan jumlah kendaraan yang melintas,” ungkap Kapolda.

Lanjut Kapolda, CCTV serupa saat ini juga telah dipasang di setiap venue yang berada di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

“Sedangkan untuk di Stasiun LRT Palembang, saat ini baru terpasang dan terkoneksi di 6 stasiun. Kedepan, semua Stasius LRT akan kami koneksikan. Hal ini dilakukan tidak lain untuk menjaga keamanan pelaksaan Asian Games,” tandas Kapolda. (ded)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Alex Noerdin Evaluasi Asian Games 2018

Palembang, KoranSN Perhelatan Asian Games 2018 sudah berakhir. Meski mendapat sukses besar, namun Gubernur Sumsel ...

error: Content is protected !!