7,5 Kg Sabu dan 8.973 Ekstasi Dimusnahkan

BNNP saat memusnahkan 7,5 Kg sabu dan 8.973 ekstasi. (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Selasa (11/8/2020) memusnahkan barang bukti Narkoba, yang terdiri dari; 7.536, 88 gram atau 7,5 Kg sabu dan 8.973 butir ekstasi. Barang bukti yang dimusanhakan tersebut hasil ungkap kasus selama bulan Juli 2020.

Kabid Berantas BNNP Sumsel, Kombes Pol Habi Kusno mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut diamankan dari pengungkapkan kasus dengan tersangka, diantaranya tersangka Muhammad Nur alias Nur, Imandi alias Wandi, dan Anggi Bayu Darmawan.

“Semua barang bukti Narkoba ini berasal dari Aceh dan Riau yang saat ditangkap akan diselundupkan para tersangka ke wilayah Sumsel,” katanya.

Diungkapkannya, barang bukti 7,5 Kg sabu dan 8.973 butir ekstasi tersebut diamankan dari para tersangka yang ditangkap BNNP Sumsel di tiga lokasi berbeda.

“Adapun lokasi penangkapan tersebut terdiri dari di parkiran salah satu rumah makan Jalan Palembang-Jambi Km 75 Desa Bukit Kampung Baru Betung Muba pada 16 Juli 2020, di parkiran salah satu rumah makan Jalan Palembang-Jambi KM 101 Babat Supat Muba pada 16 Juli 2020, dan di pinggir Jalan Palembang-Jambi Desa 108 Babat Supat Muba pada 22 Juli 2020,” ungkapnya.

Baca Juga :   Didi Pembunuh Aan di Hotel Rian Cottage Sukarami Menyerahkan Diri Usai Kabur ke Lahat

Masih dikatakannya, pemusnahan barang bukti dilakukan sesuai Pasal 91 Undang-Undang Narkotika dan Pasal 45 KUHP yang mana Narkoba hasil pengungkapkan kasus wajib dimusnahkan guna menghindari penyalahgunaan oleh oknum penegak hukum.

“Pemusnahan juga dilakukan setelah adanya surat penetapan dari pihak kejaksaan. Selain itu barang bukti ini kami musnahkan merupakan bentuk transparansi penegak hukum, dalam hal ini BNNP Sumsel,” jelasnya.
Lebih jauh dikatakannya, banyaknya jumlah barang bukti Narkoba yang dimusnahkan menunjukan jika penyeludupan dan peredaran gelap Narkoba di Sumsel cendrung semakin meningkat.

Baca Juga :   Hutang Narkoba Motif Pembunuhan Azhar

“Oleh karena itulah kami mengajak semua penegak hukum untuk sinergi dalam memberantas peredaran Narkoba di Provinsi Sumsel ini,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, sebelum dilakukan pemusnahan awalnya barang bukti Narkoba diperiksa keasliannya oleh Tim Labfor Polda Sumsel. Setelah itu barang bukti dimasukan ke dalam ember lalu dicampur air serta detergen, yang kemudian di blender hingga menjadi bubur. Selanjutnya barang bukti yang dimusnahkan dibuang ke toilet yang berada di BNNP Sumsel. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Polisi Buru Pelaku Perampokan Pengusaha Kelapa Sawit

Meulaboh, KoranSN Polres Nagan Raya, Aceh, memburu pelaku perampokan yang menimpa Suryanto (42), seorang pengusaha …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.