Rabu , Januari 23 2019
Home / Gema Sriwijaya / 81 Siswa SD Se-Kecamatan Talang Ubi Ikuti Lomba Catur

81 Siswa SD Se-Kecamatan Talang Ubi Ikuti Lomba Catur

Wabup PALI ketika melihat pertandingan catur. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Sebanyak 81 pecatur yang berasal dari 42 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Talang Ubi kemarin (26/4) mengikuti lomba catur tingkat SD yang digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kabupaten PALI, bertempat di SD Negeri 5 Talang Ubi yang terletak di Sumberjo kelurahan Talang Ubi Utara.

Jon Edi, ketua pelaksana menjelaskan bahwa Lomba catur tingkat SD se-kecamatan Talang Ubi tersebut merupakan ajang penjaringan bibit atlet catur berpotensi yang nantinya bakal diadu pada gelaran lomba catur tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan sebelum Asean Games.

“Atlet catur ada 81, terdiri dari 60 putra dan 21 putri dari 42 SD,” terang Jon Edi.
Sementara itu, Ferdian Andreas Lacony, wakil Bupati PALI sekaligus ketua umum Percasi kabupaten PALI mengatakan bahwa pelaksanaan lomba catur kali ini adalah amanah dari Bupati, yang berpesan agar melaksanakan perlombaan catur kalau bisa tiga atau empat bulan sekali, agar percaturan di PALI bisa menggelora.

Baca Juga :   Setiap Tahun Lubuklinggau Utara Diterjang Puting Beliung

“Selanjutnya Insyaallah akan dilaksanakan lomba catur tingkat kabupaten PALI sebelum Asian Games XVIII digelar,” kata Ferdian.

Ditambahkannya, bahwa olahraga adalah sarana membangun persaudaraan, ajang saling mengenal sehingga akan tumbuh sinergi antar sesama bahkan apabila digelar tingkat dunia, antar bangsa saling bertukar informasi dan yang paling penting kerjasama akan terjalin.

“Seperti yang dilakukan saat ini, selain saling mengenal, event ini juga mengajarkan kejujuran, meningkatkan spirit pertandingan dan anak-anak dididik agar mampu berkompetisi,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Dengan menggelar even-even seperti itu, Ferdian menilai bisa membangun generasi yang mampu menghadapi tantangan global.

Baca Juga :   Gaji TKS PALI Dipotong 50 Persen

Diucapkan Wabup bahwa kalau gagal dalam membangun diri, gagal membangun keberanian pada anak saat ini, maka dirinya tidak yakin, generasi PALI akan mampu berkompetisi pada persaingan global nantinya.

“Maka sangatlah penting untuk menyelenggarakan event-event seperti saat ini, meski sekecil apapun, namun manfaatnya selain menjaring bibit atlet baru, juga membangun karakter generasi yang handal dalam menyongsong persaingan global, juga dalam mewujudkan PALI cemerlang Sumsel gemilang,” tutup Wabup.

Pada lomba catur tingkat SD, selain Wabup yang hadir dan membuka kegiatan itu, Asisten I Rizal Pahlevi, kepala Dinas Pendidikan, Kamriadi serta sejumlah kepala OPD dan kepala sekolah tampak hadir. Dan pemenang lomba bakal diberi tropy serta hadiah pembinaan dan akan ditandingkan pada kejuaran Catur tingkat Kabupaten PALI. (ans)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kawasan Industri Hilir Lubuklinggau Akan Dibuat Jalur Kereta Api

Lubuklinggau, KoranSN Kawasan industri hilir di wilayah Selatan Kota Lubuklinggau akan segera dibuat jalur tersendiri ...