Rabu , November 21 2018
Home / Kota Musi / 9 Juara KKIN Wakili Sumsel ke Tingkat Nasional

9 Juara KKIN Wakili Sumsel ke Tingkat Nasional

Pemenang Kejuaraan Instruktur Regional Sumsel dan Bengkulu asal Lubuk Linggau. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Sebanyak sembilan peserta yang menjuarai sembilan bidang dalam Kompetisi Keterampilan Instruktur VI Nasional (KKIN) Regional Sumatera Selatan dan Bengkulu tahun 2017 yang diselenggarakan di Hotel Maxone Jalan Basuki Rahmat Palembang, beberapa waktu lalu akan mewakili Sumsel untuk berkompetisi di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kota Semarang, November 2017 mendatang.

Salah satu pemenang lomba kejuruan kategori IT Software Solution For Business, Susiani ST mengaku sangat senang bisa mewakili Sumsel dalam kompetisi instruktur tingkat Nasional yang akan diadakan di Semarang. Nantinya persaingan menjadi juara pasti akan sangat sulit, namun demi mempersiapkan semua itu dirinya akan belajar lebih giat agar bisa mengharumkan nama Sumsel.

“Saya akan belajar lebih giat lagi untuk menjadi pemenang tingkat nasional nantinya, karena persaingan pasti sangat sengit terjadi. Sebaik mungkin saya tidak akan mempermalukan nama Sumsel,” ungkapnya wanita asal Lubuk Linggau ini, Rabu (19/7/2017).

Mengenai kesulitan dalam mengikuti kompetisi KKIN ini. Ia mengakui hanya masalah adaptasi dan materi yang belum diajarkan sebelumnya.

“Untuk kendala sendiri tidak begitu terasa hanya saja perlu adaptasi, karena materi IT ini baru. Waktu adaptasi itu penting karena biasanya saya berkompetisi hanya tingkat pemerintah sekarang pihak swasta juga terlibat, apalagi nanti tingkat nasional. Namun, sebisa mungkin saya akan memberikan hal terbaik bagi Sumsel,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Peningkatan Produktivitas (Lattas) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumsel, Iyas Rowi mengatakan, dalam ajang ini banyak manfaat yang bisa diterapkan, kebutuhan serta pembelajaran maupun pembekalan untuk berkompetisi tingkat selanjutnya.

“Ajang ini mempunyai manfaat baik dalam pembelajaran maupun pembekalan, jadi teruslah belajar. Apalagi nanti pemenang akan dikompetisikan ke Semarang. Setelah kompetisi tersebut selesai, saya harap para instruktur juga bisa mendidik para instruktur yang lain dengan bekal yang sudah dimiliki,” ungkapnya.

Ia menambahkan, program dari Kemenaker Trans yang sudah menjadi kegiatan rutin dalam dua tahunan, kedepan akan direncanakan ditingkat Kabupaten/Kota di Sumsel agar para instruktur banyak bermunculan.

“KKIN ini merupakan program Kemenaker Trans, kegiatan ini dilakukan rutin setiap dua tahun sekali. Kedepan kita sedang merencanakan agar kompetisi ini dapat digelar disetiap Kabupaten/Kota di Sumsel,” imbuhnya.

Tempat yang sama, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Sumsel, Tugiman menuturkan, kepada kesembilan pemenang yang akan berkompetisi tingkat nasional, ia berharap agar menargetkan menjadi juara supaya bisa mengharumkan nama Sumsel di Semarang pada November mendatang.

“Bagi peserta yang akan mewakili Sumsel di Semarang nanti, saya harap dapat kembali meraih juara di tingkat nasional agar bisa membawa nama Sumsel lebih harum. Kalau tidak bisa juara 1, ya minimal juara 3 lah,” tandasnya. (rgn)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Peringatan Maulid Nabi Tanda Cinta dan Penghormatan Kepada Kekasih Allah

Palembang, KoranSN Masyarakat RT 14, RT 15, RT 16 , RT 17 dan Pasar Kuto, ...

error: Content is protected !!