Home / Gema Sriwijaya / 9 Warga PALI Positif HIV

9 Warga PALI Positif HIV

Kepala Dinkes Kabupaten PALI dr Hj  Eni Zatila MKm
Kepala Dinkes Kabupaten PALI dr Hj Eni Zatila MKm. FOTO-ANASRUL/KORANSN

PALI, KoranSN

Virus Human Immunodeficiency Virus atau disebut HIV juga menjangkiti warga di Bumi Serepat Serasan. Bahkan, penyakit kerap disebut juga  Aids ini telah menelan korban jiwa warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) beberapa waktu lalu.

Tercatat sampai hari ini, sembilan orang terkena virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada manusia. Dan 4 orang meninggal dunia.

Dalam minggu ada lagi 2 orang pasien masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD kabupaten PALI di duga mengidap penyakit tersebut. Hal itu diketahui dari keterangan, Supiyah Kasi Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talang Ubi, Pendopo kabupaten PALI.

Baca Juga :   Ketua DPRD Agus Salam Bisa Terjerat Pidana Berlapis

“Ada pasien masuk ke sini (RSUD Talang Ubi) dua orang, mereka suami istri. Kalau positif HIV kami belum bisa memastikan, tetapi dari gejalanya diduga dua orang tersebut mengidap penyakit tersebut,” katanya awak media, Selasa (12/4/2016).

Ditambahkanya bahwa kedua pasien tersebut langsung dirujuk ke Poli klinik HIV Prabumulih. “Di Rumah sakit ini belum ada peralatan medis untuk merawat penderita HIV, kalau ada pasien diduga penyakit tersebut langsung kita rujuk ke kota Prabumulih,” imbuhnya.

Kasus adanya penderita HIV di PALI dibenarkan kepala Dinas Sosial Kabupaten PALI dr. Hj. Eni Zatila, MKm. “Di Kabupaten PALI ini sangat riskan akan penyebaran virus HIV. Karena salah satu penularan penyakit tersebut dari kalangan pengguna Narkoba dan di PALI ini cukup banyak pengguna barang haram tersebut. Sampai hari ini tercatat sudah ada penderita HIV sebanyak 9 orang, 4 diantaranya meninggal dunia,” terangnya.

Baca Juga :   18 Personel Polres Muba Naik Pangkat di Akhir Tahun

Dari 9 penderita HIV yang ada sekarang, sambung dr. Eni tidak menutup kemungkinan bertambah, pasalnya anak serta istri penderita besar kemungkinan tertular.

“Upaya kita gencar mensosialisasikan kepada masyarakat bahaya penyakit ini juga penyebab dan cara penularanya. Kita juga lakukan penjaringan pasif dengan mendatangi warga yang dicurigai mengidap HIV untuk mengetahui jumlah penderita penyakit ini,” ungkapnya. (ans)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Pemkab Mura Jalin Kesepahaman Bersama dengan ITB

Musirawas, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab) melaksanakan Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.