96 Kelompok Tani Dapat Bantuan Alat-Alat Mesin Pertanian

Wawako Fitrianti Agustinda didampingi kepala dinas Pertanian Kota Plembang saat mencoba mesin pertanian yang dihadiahkan buat petani. (foto-ferdinand/koransn.com)
MESIN PERTANIAN – Wawako Fitrianti Agustinda didampingi kepala dinas Pertanian Kota Palembang saat mencoba mesin pertanian yang dihadiahkan buat petani. (foto-ferdinand/koransn.com)

 

Palembang, KoranSN

Sebanyak 96 kelompok tani di 9 Kecamatan mendapatkan bantuan alat-alat pertanian dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang. Penyerahan bantuan ini dilakukan langsung Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda di Kantor DP2K Palembang, Selasa (1/11/2016).

Kepala Dinas DP2K, Harrey Hadi mengatakan alat-alat pertanian ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian. Macam-macam alat pertanian yang diberikan seperti alat penyemprot hama, alat perontok padi, pompa air.

“Alsintan ini diperuntukkan untuk kelompok tani yang memang membutuhkan alat-alat pertanian ini dan memang sudah mengajukan bantuan dari tahun kemarin,” ungkapnya.

Menurutnya pemberian bantuan ini sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas petani di Kota Palembang. Pasalnya dengan alat-alat mesin pertanian ini selain dapat meningkatkan produktivitas juga meningkatkan kualitas hasil panen.

Baca Juga :   MEA Harus Jadi Peluang dan Tantangan Bukan Ancaman

“Misalnya dengan mesin perontok efisiensi kehilangan hasil panen lebih kecil. Beras tidak mudah pecah,” jelasnya.

Harrey mengakui dengan luas lahan pertanian yang dimiliki kelompok tani ini belum mampu mengcover kebutuhan untuk kota Palembang. Dari luas 6.200 H lahan sawah petani saat ini baru 500 hektar lahan yang bisa dipanen sebanyak dua kali.

“Yah itu lah, lahan sawah lebak itu kan kalau hujan banjir, kalau kemarau kering. Karena itu butuh sistem pengairan yang bisa mengairi sawah tersebut di saat penghujan dan kemarau.  Perlu dibangun saluran air di lahan-lahan sawah tersebut agar bisa meningkatkan produktivitas hasil panen Setiap tahunnya,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, total bantuan yang diterima oleh DP2K untuk para petani ini setiap tahunnya selalu meningkat. Untuk tahun ini saja Kementerian Pertanian menggelontorkan. Anggaran 6-7 miliar untuk bantuan alat-alat mesin pertanian ini. “Kedepannya harapan kita bantuan ini bisa ditingkatkan menjadi 10 miliar,” ujarnya.

Baca Juga :   Ganggu Ketertiban, Dishub Tertibkan Parkir Liar Jalan Letkol Iskandar

Adapun alat-alat pertanian yang diberikan seperti alat untuk memanen padi, pompa air, penggiling padi lainnya. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan swasembada beras di kota Palembang. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

TP PKK Sumsel Sinergikan Program Kerja Tahun 2021

Palembang, KoranSN Meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan, tak terkecuali kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.