Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / ADD Belum Dicairkan, Belasan Kades Datangi Pemkab Empat Lawang

ADD Belum Dicairkan, Belasan Kades Datangi Pemkab Empat Lawang

suasanan Mediasi antara Kades, BPMPD dan BPKAD yg dipimpin sekda Empat Lawang. (foto/Fahlevi)
Suasana mediasi antara Kades, BPMPD dan BPKAD yang dipimpin Sekda Empat Lawang. (foto/Fahlevi)

Empat Lawang, KoranSN

Belasan kepala desa (Kades) mendatangi kantor Pemkab Empat Lawang, Senin (13/4/2016). Mereka kecewa karena Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang belum memastikan pencairan alokasi dana desa (ADD). Padahal, dana itu untuk keperluan gaji Kades dan perangkat desa serta tunjangan pegawai.

Ketua Forum Kades Kecamatan Tebing Tinggi, Rudi Hartono mengatakan, pihaknya hanya mempertanyakan proses pencairan ADD yang ada saat ini. Sebab, sebelumnya pencairan ADD tidak terlalu bertele-tele, bisa dilakukan sebelum APBDes, namun sekarang tidak lagi bisa, harus selesai APBDes dahulu.

“Ini yang kita pertanyakan, kenapa seperti ini, dulu bisa, kenapa sekarang tidak bisa,” tukasnya.

Rudi mengakui, belum menyelesaikan rentetan administrasi APBDes tersebut, tetapi masih dalam pengerjaan. Namun, permasalahan syarat utama pencairan ADD itu berkaitan dengan administrasi APBDes ini baru diketahui pihaknya baru-baru ini.

Baca Juga :   Sertijab Bupati Lahat Lancar

“Selama ini kami tidak pernah tahu, kalau kami tahu dari kemarin-kemarin kami selsaikan APBDes itu,” terangnya.

Aksi belasan Kades ini tidak berujung menjadi keributan. Aksi mereka diselesaikan dalam mediasi antara Kades, BPMPD, dan BPKAD, dihadiri juga Kasat Pol-PP bersama anggotanya, perwakilan Polres Empat Lawang, TNI, dan seluruh pejabat yang berkompeten dalam hal permasalahan ADD,  dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Edison Jaya

Dalam rapat mediasi tersebut, Kepala BPMPD Empat Lawang, Al Humaidi mengatakan, tidak ada niat untuk menghambat pencairan ADD tersebut. Apalagi ini sudah memasuki bulan ke empat, Sebab dalam pencairan ada mekanisme yang perlu di selesaikan

Baca Juga :   Ratusan Hektar Sawah Diserang Hama Tikus

“Mekanisme ini sudah kami sampaikan di beberapa kegiatan. Apalagi saya sudah janji sebelum tanggal 10 April dicairkan,” katanya.

Lanjut Humaidi, dalam pencairan tersebut, setiap desa harus penuhi dahulu dokumen perlengkapan, seperti Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) ADD.

“Kalau kelangkapan desa tersebut sudah dibuat, desa mana pun itu, yang selesai dahulu, maka itu akan di segerakan kami urus ke BPKAD. Sekarang, bagaimana mau dicairkan, satu desa pun belum selesai APBDes,” katanya.

Sementara Sekda Empat Lawang, Edison Jaya mengatakan, tunjangan dari Januari sampai Maret memang belum dapat dibayarkan, sebab APBDes belum dilaporkan ke BPMPD.

“Selesai APBDes ini bisa langsung dibayarkan. Aturan ini sama seluruh Indonesia. Makanya penuhi administrasinya,” imbuhnya. (foy)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pemkab Mura Jalin Kesepahaman Bersama dengan ITB

Musirawas, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab) melaksanakan Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.