Selasa , November 13 2018
Home / Headline / Agen Abu Tours Cabang Palembang Bisa Dipidana

Agen Abu Tours Cabang Palembang Bisa Dipidana

Kantor Abu Tours Cabang Palembang di Jalan Inspektur Marzuki Pakjo Palembang yang dipasang police line. (Foto-Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Kombes Pol Arison Hendra melalui Kasubdit Keamanan Negara (Kemneg), AKBP Suwandi Prihantoro menegaskan, Agen dari Abu Tours Cabang Palembang yang berperan mencari warga untuk berangkat umroh bisa dipidanakan apabila ada calon jamaah umroh yang membuat laporan ke pihak kepolisian.

Menurutnya, proses pidana tersebut bisa diterapkan dikarenakan agen-agen tersebut mendapat keuntungan dengan membawa sejumlah warga untuk mendaftar dan menyetorkan uang keberangkatan umroh kepada pihak Abu Tours Cabang Palembang.

“Sejauh ini belum ada calon jamaah umroh Abu Tours yang melaporan pihak agen, semuanya baru melaporkan pihak Abu Tours saja. Tapi, jika nantinya ada korban yang melaporkan agen maka agen tersebut bisa dipidana, karena kami akan memprosesnya,” tegasnya.

Masih dikatakan Suwandi, jika hingga kini masih 22 calon jamaah umroh yang membuat laporan ke Polda Sumsel. Untuk itu dirinya menghimbau para korban segera membuat laporan ke polisi agar pihak kepolisian mengetahui berapa jumlah korban yang ada di Sumsel.

“Setiap Polres di Sumsel kini sudah ada Posko Pengaduan. Jadi para korban yang mau melapor tidak perlu jauh-jauh ke Polda Sumsel, cukup di sana (Polres). Sebab, kami dari Polda Sumsel telah berkoordinasi dengan setiap Reskrim di Polres jajaran. Bukan hanya itu, kami juga berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk mengetahui jumlah korban yang telah mengadu ke Posko Kementerian Agama,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Senin siang (12/2/2018) sebanyak 21 calon jamaah umroh telah membuat laporan ke SPKT Polda Sumsel. Laporan para korban diterima petugas dengan Nomor laporan No: LPB/188/ISI/2018/SPKT dengan terlapor Direktur Utama PT Amanah Bersama Umat yang menaungi Abu Tours, H Muhammad Hamzah Mamba (53), warga Jalan Bajigau Raya No 321 Makasar Sulawesi Selatan.

Menindaklanjuti laporan para korban, sore harinya sekitar pukul 17.00 WIB, penyidik Subdit I Keamanan Negara (Kemneg) Ditreskrimum Polda Sumsel memasang police line di Kantor Abu Tours Palembang guna kepentingan penyelidikan dugaan kasus ini. (ded)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

HD Minta Pelabuhan TAA Segera Dihidupkan

Banyuasin, KoranSN Memasuki 40 hari masa kerjanya sebagai Gubernur Sumsel, Herman Deru bergerak cepat membenahi ...

error: Content is protected !!