AHY Melaut di Pantai Pangandaran

AHY saat akan melaut. (foto-istimewa)

Pangandaran, KoranSN

Meskipun rangkaian kegiatan AHY Ngariung di Jawa Barat (Jabar) sangat padat, namun Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak pernah lupa menjaga kebugarannya dengan berolahraga. Selasa (20/3/2018) pukul 07.00 AHY lari pagi di sepanjang Pantai Pangandaran, pantainya kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Di tengah perjalanan, AHY bertemu dengan beberapa nelayan yang baru saja pulang melaut. AHY kemudian menyapa Jena (49), salah satu dari puluhan nelayan, yang setiap paginya berkerja keras mencari ikan sebagai salah satu sumber utama perekonomian di Kabupaten Pangandaran.

“Di sini kondisi perikanannya lagi bagaimana pak?” tanya AHY.

“Sekarang musimnya lagi paceklik, sedang turun Pak, karena lagi ada perubahan musim,” jawab Jena yang juga disetujui rekan-rekannya.

AHY saat melaut di Pantai Pangandaran. (foto-istimewa)

Ia kemudian menjelaskan bahwa volume ikan di pantai, biasanya mulai meningkat saat bulan kemarau.

Para nelayan menawarkan AHY untuk melihat langsung krisis volume ikan di sana. AHY mengambut baik tawaran tersebut. Di tengah laut, AHY melihat sendiri bagaimana jala-jala yang di lempar oleh para nelayan hanya bisa mendapatkan ikan yang kecil karena krisis itu.

Baca Juga :   KPU Kebut Aturan Pengurus Parpol Harus Mundur sebagai Calon DPD

“Tadi saya lihat tangkapannya ya, hanya kecil-kecil sekali, dapat dikatakan memang mereka tidak dapat apa-apa hari ini,” ujar AHY kepada warga yang menunggunya di bibir pantai.

AHY mengajak para warga sekitar untuk terus memberikan atensi terhadap kesejahteraan nelayan.

“Tanpa nelayan hidup kita susah. Memang terkait alam, kita sebagai manusia tidak dapat mengontrolnya,” ujar AHY.

“Ketika cuaca lagi kurang baik, (kita harus memikirkan) kegiatan apa yang bisa mereka lakukan untuk menyambung hidupnya,” lanjutnya.

AHY saat lari pagi di Pantai Pangandaran. (foto-istimewa)

Selain bertemu dan menyapa para nelayan, di sela-sela olahraga larinya AHY juga sempat bertemu dengan para penjaga pantai dan ibu-ibu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). AHY membeli dagangan mereka yang berjualan ikan jambal roti, ikan tiga wajah, ikan bulu ayam, dan ikan asin.

Baca Juga :   Total Kekayaan Prabowo Subianto RP1,95 Triliun

Ikan-ikan itu akan dibawa AHY ke Jakarta untuk disantap bersama istrinya Annisa Pohan dan anaknya Almira Tunggadewi Yudhoyono.

“Seneng saya bisa ketemu mas AHY. Deg-degan rasanya, karena saya nggak nyangka beliau bakal datang ke sini,” terang Suska (41), yang sudah dua puluh tahun menjadi pedagang ikan di pantai tersebut.

AHY berharap potensi pariwisata Pantai Pangandaran dapat terus ditingkatkan.

“Saya senang sekali hadir di sini, tadi lari pagi sambil menikmati angin yang segar, ini potensinya luar biasa. Mudah-mudahan potensi wisatanya akan semakin berkembang,” harap AHY. (den/rel)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

BPBD Klaten Imbau Warga KRB III Segera Turun

Klaten, KoranSN Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengimbau warga yang tinggal …