Air Bersih di Air Sugihan OKI Mulai Merata

Suasana Warga saat antri mengambil air bersih. (foto-maniso/koransn)

Kayuagung, KoranSN

Faktor geografis yang sulit dijangkau menjadikan segala aspek kehidupan di wilayah pelosok daerah pasti tertinggal dibandingkan perkotaan. Seperti sarana air bersih, banyak daerah pelosok yang belum memilikinya.

Seperti di Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sudah puluhan tahun warga di sana hidup tanpa air bersih kecuali dari sumur gali, sungai bahkan air hujan. Namun kini sebagian mereka sudah tersenyum karena air bersih mulai tersedia.

Bukan dari pemerintah, unit pengelolaan air bersih ini jusru dibangun secara cuma cuma oleh PT OKI Pulp and Paper Mills, pabrik tisu dan kertas. “Ini program CSR kami sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar,”ujar Gadang H Hartawan selaku Head Public Affair PT OKI Pulp and Paper Mills kemarin.

Baca Juga :   2 Januari Peserta SBD Muba yang Lulus Diumumkan

Selama ini kata Gadang, guna memenuhi kebutuhan air bersih khususnya air minum, masyarakat terpaksa membeli air kemasan, menyaring air dari sungai atau menampung air hujan. “Kualitas airnya tentu saja tidak begitu baik, sebab PH air dari wilayah gambut berkisar 2,5. Sedangkan air yang baik untuk dikonsumsi PH-nya berkisar 6-7,”kata dia.

Hingga Juni 2019 ini kata Gadang, pihaknya sudah membangun 7 unit pengelolaan air bersih di kecamatan ini, yakni tahun 2018 4 unit pembangunan masing-masing 1 di Desa Simpang Heran dan 1 di Puskesmas Jalur 25 Desa Bandar Jaya serta 2 unit Desa Bukit Batu.

Tahun ini pihaknya juga sudah menyelesaikan pembangunan 3 unit pengolahan air minum (RO) secara bersamaan pada bulan Ramadhan kemarin masing-masing di Desa Banyu Biru, Desa Jadi Mulya dan Desa Srijaya Baru dengan kapasitas 1000 liter/jam air siap minum dan 2000 liter/jm air bersih.

Baca Juga :   PT BA Salurkan Sembako ke PWI Lahat

“Target kami akan membangun 3 unit lagi, jadi di akhir tahun 2019 nanti totalnya 10 unit,”tambah dia. Camat Air Sugihan Suradi SIP MSi mengatakan, dibangunnya unit pengelolaan air bersih ini sangat membantu masyarakat Air Sugihan yang selama ini kesulitan air bersih.

“Kami sangat mengapresiasi hal yang dilakukan perusahaan ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, kami berharap perusahaan-perusahaan lain yang beroperasi di sini juga memberikan manfaat kepada masyarakat,”pinta camat. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Disambut Ribuan Muslimat NU

OKUT, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menghadiri pengajian akbar Muslimat NU di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.