Home / Wisata / Air Terjun Mate Pelubang, Air Terjun ke 142 di Lahat

Air Terjun Mate Pelubang, Air Terjun ke 142 di Lahat

Tampak keindahan Air Terjun Mate Pelubang. (Foto-Istimewa)

PANORAMIC of Lahat sebuah lembaga yang konsen dan peduli dengan pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Lahat yang beberapa bulan lalu mendapat penghargaan sebagai Komunitas Peduli Cagar Budaya Nasional dari Kemendikbud RI mewakili Sumbangsel, tak pernah berhenti menggali potensi Kabupaten Lahat.

Kali ini Panoramic of Lahat yang dipimpin langsung ketuanya Maryoto atau yang lebih di kenal sebagai Mario Andramartik bersama timnya Herli, Aan dan Andra bersama Karang Taruna Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan meninjau air terjun yang baru dibuka oleh Karang Taruna Desa Perangai.

Untuk mencapai air terjun ini tidaklah sulit. Dari desa dengan sepeda motor hanya memakan waktu 5 menit dengan melintasi jalan ke arah Lahat Selatan atau Pagar Gunung, lalu belok kiri melintasi jalan beton yang sangat apik. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit menyusuri semak belukar dan aliran sungai. Dan terlihatlah, air yang jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter berwarna jernih dengan rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun.

Baca Juga :   Pesona Air Terjun Bedegung Daya Tarik Kontingen Porprov

Air yang mengalir ini disebut sebagai Ayek Mate Pelubang yang mengalir ke Ayek Suban dan air terjun dengan ketinggian 15 meter ini disebut Air Terjun Mate Pelubang, air terjun yang ke 142 yang ada di Lahat dan dikunjungi Panoramic of Lahat.

Di lokasi ini, ada air terjun lagi di bawahnya yang disebut Air Terjun Mandian Bulan dengan ketinggian sekitar 10 meter dan dengan lubuk di bawahnya seluas 5 meter dan kedalaman 2 meter.

Air terjun ini sangat potensial untuk dijadikan destinasi pariwisata di Kecamatan Merapi Selatan. Apa lagi jalan dari Kecamatan Merapi Selatan dengan Kecamatan Lahat Selatan dan Pagar Gunung dapat dibuka, sehingga wisatawan dapat datang dari arah Merapi Area, Pagar Gunung, Lahat Selatan dan Kota Lahat.

Baca Juga :   Wisata Agro Buah Naga

Selain itu, dalam perjalanan ke air terjun terdapat pemandangan beberapa bukit yaitu; Bukit Punggue Betine, Bukit Punggue Lanang, Bukit Kuning, Bukit Teloe, Bukit Tapak Kajang, Bukit Besak dan Bukit Jempol.

Semoga akses jalan menuju air terjun ini dapat segera dibangun untuk menumbuhkan titik ekonomi baru di area ini. Maryoto selaku Tokoh Penggerak Kebudayaan dan Kepariwisataan Sumsel 2016 yang tak henti mendata dan promosikan potensi Kabupaten Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang berharap agar kawasan ini menjadi destinasi wisata unggulan Sumatera Selatan. (mario andramartik)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Pusat, Provinsi dan Masyarakat Harus Sinergi

Muaradua, KoranSN Upaya pengembangan sumber daya alam (SDA) sekaligus destinasi wisata Danau Ranau, sebagai salah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.