Ajak Pemerintah & Warga Tingkatkan Lomba Bidar

H. Subhan Ismail (foto-ist)

Kayuagung, KoranSN
Perlombaan perahu bidar yang digelar di perairan Sungai Komering di perkotaan Kayuagung rutin dilaksanakan setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI. Ratusan hingga ribuan warga antusias memadati pinggiran sungai untuk menyaksikan perlombaan.

Bahkan tak hanya masyarakat, bupati, pejabat eksekutif dan legislatif pun terkadang turut hadir meyaksikan acara tersebut. Bidar ini tidak jauh berbeda dengan bidar tradisional khas Kayuagung dan Kabupaten OKI pada umumnya, yang dinahkodai 10 hingga belasan orang sebagai pendayung.

Lomba bidar biasanya diikuti oleh tim perwakilan kelurahan di Kecamatan Kota Kayuagung saja yang berjumlah 11 kelurahan. Namun perlombaan serupa juga kerap diselenggarakan di Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI yang diikuti puluhan desa setempat.

Anggota DPRD OKI dari Fraksi Bintang Kebangkitan Nasional, H Subhan Ismail (SBH) kemarin berkomentar, pemerintah dan warga agar melestrikan bahkan meningatkan volume lomba bidar karena bidar merupakan warisan budaya yang harus dijaga.

Baca Juga :   Putus Mata Rantai Copid-19, Jalan Lintas Disemprot Disinfektan

“Bidar ini harus terus kita lestarikan dan tingkatkan, karena ini merupakan warisan budaya leluhur kita yang harus terus dilestarikan. Acara seperti ini setiap tahun harus diselenggarakan, bila perlu dalam setahun diadakan dua hingga tiga kali,”sarannya.

Lomba bidar harus sering dilakukan karena animo masyarakat sangat besar bertepatan dengan hari kemerdekaan. Ini momentum yang tepat karena selain melestarikan budaya, peserta lomba juga menggambarkan semangat para pejuang kemerdekaan dahulu.

“Warga tentu berharap tontonan ini juga dilakukan pada hari besar lainnya yang bercirikan khas daerah, seperti HUT OKI pada bulan Oktober atau pada moment Hari Jadi Kota Kayuagung juga bisa diselenggarakan,” pinta wakil rakyat dari Partai NasDem ini.

Baca Juga :   Bupati Buka MTQ IV Tingkat Kabupaten Muratara

Sementara Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Publik Setda OKI, Hendra Anggara SSTP diwakili Adi Yanto SPd (Kasubag Humas dan Pemberitaan) menyambut baik saran dari anggota dewan tersebut. Katanya, dalam kurun waktu dua tahun terakhir perlombaan bidar memang hanya diselenggarakan pada momen Agustusan. Saran tersebut tentu menjadi bahan pertimbangan panitia penyelenggara pada even selanjutnya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Infrastruktur dan SDM Masih Kendala Pembelajaran Daring

Lahat, KoranSN Sosialisasi dan kunjungan kerja Dewan Pendidikan Sumatera Selatan ke tiga wilayah kabupaten yaitu …